Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Safari Ramadlan, LTMNU Kencong Jember Sertifikasi Masjid

Safari Ramadlan, LTMNU Kencong Jember Sertifikasi Masjid
Safari Ramadlan LTM NU Kencong Jember. (Foto: HAA)
Safari Ramadlan LTM NU Kencong Jember. (Foto: HAA)

Jember, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kencong, Kabupaten Jember, menggelar kegiatan Safari Ramadlan bersama KH Khairzad Maddah di Masjid Baitur Ridlo Kecamatan Umbulsari pada Sabtu (08/05/2021) sore.

 

Kegiatan bertajuk Safari Ramadhan ini diselenggarakan dalam rangka penyematan prasasti/plakat kemasjidan sebagai bentuk simbolisasi masjid Nahdlatul Ulama. Simbolisasi ini bertujuan sebagai identitas masjid, mengantisipasi klaim dari kelompok atau aliran-aliran tertentu serta dalam rangka mendata masjid-masjid Nahdlatul Ulama.

 

Hal itu diamini oleh Ketua PC LTMNU Kencong Achmad Syaikhu. Kata dia, simbolisasi merupakan cara jitu untuk menangkal kelompok atau golongan yang ingin merebut masjid NU.

 

"Ini merupakan program utama kami dalam kepengurusan PC LTMNU Kencong. Semoga ke depan terus berjalan secara berkelanjutan dan istiqamah," kata Syaikhu.

 

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pengukuhan pengurus takmir masjid, yakni Takmir Masjid Baitul Ridlo Dusun Krajan dan Takmir Masjid Al-Ikhlas Desa Sumberjo Kecamatan Umbulsari oleh KH Khoirzad Maddah selaku pembina sekaligus Rais Syuriah PCNU Kencong

 

Kiai Khoirzad berpesan kepada pengurus takmir bahwa jangan pernah meremehkan bahwa Masjid itu sudah aman meskipun sudah diartikan bahwa masjid ini adalah rumah Allah. Sudah dipastikan aman dari hal-hal apapun. Tapi bukan kemudian meremehkan.

 

Dia menilai, selama ini banyak masjid yang rentan digunakan sarana dakwah aliran keagamaan yang keras. Karena itu program labelisasi dan sertifikasi masjid NU itu dianggapnya sangat penting.

 

Sekretaris PC LTM NU Kencong Akhmad Rudi Masrukhin mengatakan, sebagai tindak lanjut dari program simbolik ini, setelah hari raya akan dilanjutkan dengan kegiatan khidmat pada masjid-masjid dan mushala se wilayah PCNU Kencong.

 

Penulis: Habib Aziz Ar Rozi

Editor: Nur Faishal

F1 Promosi Iklan