• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Pantura

Safari Ramadlan LP Ma'arif NU Jatim Gelar FGD Pembelajaran Literasi

Safari Ramadlan LP Ma'arif NU Jatim Gelar FGD Pembelajaran Literasi
FGD Pembelajaran Literasi. (Foto: NOJ/RB)
FGD Pembelajaran Literasi. (Foto: NOJ/RB)

Lamongan, NU Online Jatim

Rangkaian kegiatan penerapan pembelajaran literasi dan numerasi pada madrasah di lingkup Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Jatim berlanjut dengan safari Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di kantor LP Ma'arif NU Babat, Selasa (04/05/2021).

 

Hadir dalam acara diskusi tersebut, KH Faqih Arifin mewakili LP Ma'arif NU Jawa Timur, Fatoni dari INOVASI Jatim, Kepala Bidang (Kabid) Kementerian Agama (Kemenag) Jatim KH Syamsuri, Ketua LP Ma'arif NU Babat H Supaat, serta calon Fasda program literasi dan pengelola madrasah.

 

Pada tahun 2021, LP Maarif NU Babat mendapatkan dukungan program pendampingan literasi melalui INOVASI yang bekerja sama dengan LP Ma'arif NU Jawa Timur.

 

Mengawali acara diskusi tersebut, KH Faqih Arifin menyampaikan bahwasannya sekolah atau madrasah di bawah naungan LP Ma'arif NU harus tetap menjadi media atau sarana untuk membudayakan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah.

 

"LP Ma'arif NU juga harus terus berinovasi menerapkan praktik baik dalam rangka memajukan mutu pendidikan sebagai perwujudan slogan al-muhafadhotu 'ala qodimis sholih wal akhdzu bil jadidil ashlah," katanya.

 

Sementara itu KH Syamsuri, Kabid Kemenag Jatim menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas program LP Ma'arif NU Jatim yang terus berusaha berinovasi dengan hal-hal baru terkait peningkatan mutu pendidikan madrasah yang senada dengan cita-cita Kemenag yaitu 'Madrasah Hebat Bermartabat Menuju Kelas Dunia'.

 

"Kami mengapresiasi program LP Ma'arif NU Jatim yang terus gencar melakukan inovasi pendidikan," ungkapnya.

 

Di penghujung acara diskusi sekaligus inti dari FGD, Sunan Fanani selaku Sekretaris LP Ma'arif NU Jatim sekaligus penanggung jawab program menjabarkan secara ringkas program literasi dan numerasi dilanjutkan respon dan tanggapan dari pengelola pendidikan sasaran program.

 

Editor: Risma Savhira


Pantura Terbaru