• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 25 April 2024

Metropolis

Sahabat Gus Dur Tokoh Kerukunan Umat Beragama Bingky Irawan Meninggal

Sahabat Gus Dur Tokoh Kerukunan Umat Beragama Bingky Irawan Meninggal
Foto Gus Dur dipajang di sebuah klenteng dalam satu acara. (Foto: Junanto Herdiawan/Kompasiana)
Foto Gus Dur dipajang di sebuah klenteng dalam satu acara. (Foto: Junanto Herdiawan/Kompasiana)

Surabaya, NU Online Jatim

Sahabat Presiden RI Keempat KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang juga tokoh kerukunan umat beragama asal Jawa Timur, Bingky Irawan, meninggal dunia saat dirawat di RS Delta Surya Sidoarjo, Senin (31/05/2021).

 

Kabar meninggalnya anggota Presidium Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) itu menyebar di jejaring aplikasi WhatsApp. Ketua Ormas Jogoboyo Surabaya, Ahmad Badrut Tamam membenarkan kabar meninggalnya Bingky itu. "Nggih (benar)," katanya dikutip dari viva.co.id.

 

Bingky Irawan adalah salah satu tokoh pejuang agama Konghucu di Indonesia. Ia sahabat sekaligus pengagum Gus Dur. Tamam menjelaskan, pada masa Orde Baru di bawah kekuasaan Soeharto, Bingky kerap menginap di rumah Gus Dur di Ciganjur, Jakarta. Dia sering bersembunyi di sana dari kejaran intel pemerintahan Soeharto.

 

Konghucu baru diakui kembali oleh negara sebagai agama resmi di Indonesia di masa Presiden Gus Dur dan Bingky salah satu tokoh pejuangnya. Di masa Gus Dur pula perayaan Imlek dijadikan hari libur nasional. Jasa Bingky Irawan sangat besar bagi umat Konghucu Indonesia," tandas Tamam.

 

Bingky, lanjut dia, juga menjadi pengelola TITD Boen Bio di Kapasan Surabaya. Gus Dur pernah berkunjung ke tempat ibadah umat Konghucu itu semasa menjadi Presiden. Di situ pula foto Gus Dur dipajang. Karena itu, Bingky selalu tersenyum dan bersemangat ketika berkisah semasa bersama Gus Dur dulu.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru