Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Sambut HSN 2021, Ada Lomba Yuk Bercerita Ulama di Malang

Sambut HSN 2021, Ada Lomba Yuk Bercerita Ulama di Malang
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Malang, NU Online Jatim

Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZIS) Sabilillah Malang mengadakan lomba ‘Yuk Bercerita Ulama’. Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober 2021.

 

"Dalam menyambut HSN ini kami dari Yayasan Sabilillah melalui LAZIS Sabilillah mengadakan lomba yuk bercerita ulama," kata HM Mas'ud Said, Ketua III Yayasan Sabilillah, Selasa (21/09/2021).

 

Mas'ud mengatakan bahwa sudah selayaknya hari santri diwarnai dengan meneladani tokoh-tokoh nasional.

 

"Kegiatan semacam ini penting dilakukan karena kita sebagai seorang santri harus meneladani kisah-kisah dari tokoh-tokoh nasional yang ada. Seperti halnya Kiai Masjkur, Kiai Tholhah Hasan dan lain sebagainya," tambahnya.

 

"Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengisi HSN 2021 dengan kegiatan yang lebih inovatif. Tentunya juga mengikuti transformasi digital yang sudah berkembang," tandasnya.

 

Sementara itu, Muhamad Fadlurrahman, Ketua pelaksana lomba mengatakan, yuk bercerita ulama adalah lomba membacakan kisah keteladanan atau uswah hasanah dari seorang ulama sebagai materi pembelajaran. 

 

"Lomba ini bertujuan untuk pembudayaan gemar membaca. Selain itu, melihat fenomena yang terjadi saat ini bahwa anak-anak sebelum tidur dibacakan kisah si kancil, dan lain sebagainya. Alangkah baiknya jika anak-anak selalu diceritakan kisah perjuangan para ulama yang lebih santai dan mudah dicermati tentunya," tuturnya.

 

Fadlur mengatakan bahwa bercerita adalah seni. Oleh karena itu tidak ada batasan usia maupun kuota peserta dalam perlombaan ini.

 

 

"Lomba ini tidak dipungut biaya sepeser pun, tidak ada batasan usia, dan tidak ada batasan kuota. Pendaftaran sudah kami buka sejak tanggal 13 September 2021 sampai nanti tanggal 11 Oktober 2021," tandas Fadlur.

 

"Beberapa aspek penilaian yang kami nilai yakni kejelasan plot atau alur kisah, kekuatan pesan, teknik bercerita, kualitas audio-visual, dan jumlah viewer serta like-khusus untuk penentuan juara favorit," ungkapnya.

 

Editor: Romza


Editor:
F1 Bank Jatim