Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Sambut Maulid Nabi dan Hari Santri, Madrasah di Sidoarjo Gelar Tilawatil Qur'an Hingga Nobar

Sambut Maulid Nabi dan Hari Santri, Madrasah di Sidoarjo Gelar Tilawatil Qur'an Hingga Nobar
Salah satu kegiatan menyambut hari santri 2020 yang dilaksanakan di MTs YPM 1 Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Mohammad Kholidun).
Salah satu kegiatan menyambut hari santri 2020 yang dilaksanakan di MTs YPM 1 Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Mohammad Kholidun).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri 2020, Madrasah Tsanawiyah  Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma'arif (MTs YPM) 1 Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo menggelar acara tilawatil Quran, Senin (19/10/2020). Selain itu, dalam acara yang digelar di Aula MTs YPM 1 Wonoayu ini juga dilaksanakan Maulid Diba' dan nonton bareng (Nobar) film Sang Kiai.

 

Kepala MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo, Suhardi mengatakan, pihak madrasah sengaja mengadakan kegiatan itu agar para siswa mampu mencontoh akhlak Nabi Muhammad SAW.

 

"Melalui kegiatan ini, kami berharap siswa dapat meneladani akhlak Rasulullah SAW sebagai kunci sukses dunia akhirat. Selain itu siswa juga dapat meneladani kiprah kiai dalam berjihad fisabilillah," kata Suhardi kepada NU Online.

 

Ia menjelaskan, karena kondisi masih pandemi Covid-19, kegiatan  menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri dilakukan selama sepekan yakni dimulai Senin hingga Jumat (19-23 Oktober) secara bergiliran. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni dengan memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menjaga jarak. 

 

"Acara ini kami lakukan setiap hari secara bergiliran dengan komposisi Senin tiga kelas, Selasa empat kelas, Rabu tiga kelas, Kamis empat kelas dan Jumat empat kelas. Total 18 kelas. Kami lakukan secara bergiliran karena mengikuti dan mematuhi peraturan pemerintah dan sesuai protokol kesehatan," ujarnya.

 

 

Dengan adanya kegiatan yang dilakukan selama sepekan ini, pihak madrasah berharap bisa terlaksana dengan sukses dan berjalan dengan lancar.

 

"Mudah-mudahan apa yang menjadi maksud bersama antara MTs YPM 1 Wonoayu dan Yayasan dikabulkan oleh Allah SWT," harap Suhardi.

 

Dengan antusias, sejumlah siswa dan guru yang hadir di acara itu melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an dan pembacaan diba'. Mereka nampak semangat mengikuti kegiatan ini.

 

"Pembacaan tilawatil Qur'an tadi dilakukan tiga siswa, pembacaan diba' dilakukan siswa dan didampingi guru, sementara doa dilakukan dan dipimpin Ustadz Abbas," pungkasnya.

 

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim