Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Sambut Ramadlan, Ansor dan Banser di Jember Aksi Gugus Gunung di Makam

Sambut Ramadlan, Ansor dan Banser di Jember Aksi Gugus Gunung di Makam
Kader Ansor dan Banser bersama warga Desa Tegalsari, Ambulu, Jember, bersih-bersih makam jelang Ramadlan. (Foto: NOJ/HJ)
Kader Ansor dan Banser bersama warga Desa Tegalsari, Ambulu, Jember, bersih-bersih makam jelang Ramadlan. (Foto: NOJ/HJ)

Jember, NU Online Jatim

Kegiatan bersih-bersih masjid, fasilitas umum, makam, dan lain-lain, menjadi tradisi di Indonesia menjelang bulan suci Ramadlan. Itu pula yang dilakukan Gerakan Pemuda Ansor dan Barisan Serbaguna (Banser) Ranting Tegalsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Mereka melakukan bersih-bersih di TPU Dusun Tutul, Ahad (11/04/2021).

 

Kegiatan yang disebut Gugur Gunung ini sudah menjadi tradisi turun-temurun masyarakat dalam membersihkan makam keluarga di TPU sebelum bulan Ramadlan. Hal ini bertujuan supaya makam lebih terlihat bersih dan membuat peziarah merasa lebih nyaman saat memasuki Ramadlan.

 

PJ Kepala Desa Tegalsari Jaiz Efendi  sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Ansor dan Banser itu. Selain sebagai ajang silaturrahim, kegiatan itu juga dinilai bisa menumbuhkan semangat gotong-royong masyarakat.

 

“Dengan gotong royong, semua akan terasa ringan, inilah manfaat dari kebersamaan,” ungkapnya.

 

Jaiz berharap, Ansor-Banser Desa Tegalsari bisa membantu pemerintah desa dalam menekan persebaran pandemi dengan turut mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan saat ramadhan nanti.

 

“Minimal, di masjid dan mushala, ada hand sanitizer, karpet digulung atau rutin dibersihkan,” ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua PR GP Ansor Tegalsari Moh Nurul Yakin mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk pengabdian Ansor-Banser ke masyarakat, sekaligus siar Ansor-Banser kepada masyarakat, khususnya Warga Dusun Tutul.

 

 “Ini adalah bentuk kegiatan sosial dan syiar kita kepada masyarakat Tutul,” katanya.

 

Penulis: Haris J

 

Editor: Nur Faishal

F1 Promosi Iklan