Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Sambut Ramadlan, LAZISNU di Malang Santuni Yatim dan Imam Mushala

Sambut Ramadlan, LAZISNU di Malang Santuni Yatim dan Imam Mushala
Istimewa
Istimewa

Malang, NU Online Jatim

Menjelang bulan Ramadlan sejumlah kegiatan biasanya dilaksanakan. Hal ini sebagai upaya menyambut bulan suci, seperti yang dilaksanakan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

 

Dengan menggandeng Rumah Sedekah dan Pimpinan Wilayah (PW) LAZISNU Jawa Timur, LAZISNU Lowokwaru mengadakan penyaluran bantuan.

 

Kegiatan ini dikemas dalam sebuah acara ‘Berbagi Sarung, Sorban dan Pengobatan Gratis untuk Para Imam Mushala’ bertempat di Masjid Rois Dahlan Jl Kerto Raharjo, Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jumat (09/04/2021) sore.

 

Dalam Kesempatan tersebut turut hadir Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang, KH Isroqunnajah, Gus Noor Shodiq selaku Direktur Rumah Sedekah serta Gus Afif Amrullah selaku Ketua Pimpinan Wilayah (PW) LAZISNU Jatim, Ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) Lowokwaru dan tokoh-tokoh masyarakat dari kalangan para imam mushala.

 

Dalam Sambutannya, Ketua PW LAZISNU Jawa Timur menyampaikan, pihaknya akan terus memperkuat komitmen sebagai penyalur dana dari para donatur.

 

“Hari ini LAZISNU Kecamatan Lowokwaru  bersama LAZISNU Jawa Timur serta Rumah Sedekah berkolaborasi menyalurkam sebagian amanah yang dititipkan para donatur,” kata Gus Afif.

Santunan ini, lanjut Gus Afif, disalurkan kepada anak yatim dan para imam mushala sekitar Lowokwaru.

 

“Sesuai namanya, LAZISNU itu lembaga amil, jadi tugasnya bagaimana mengoptimalkan penerimaan zakat infaq shodaqoh untuk kemudian dikelola atau dioptimalkan untuk membantu orang yang membutuhkan,” tambahnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Gus Shodiq, sapaan akrab DIrektur Rumah Sedekah menyampaikan bahwa keberadaan rumah sedekah akan memperjuangkan dakwah Islam Ahlussunnah wal jamaah.

 

“Kami berusaha berdakwah tidak hanya melalui ceramah, tapi dengan aksi real dan kegiatan-kegiatan yang langsung terjun ke dalam masyarakat baik program ekonomi, sosial, pendidikan, dan lain-lain,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor II Universitas Islam Malang (UNISMA) tersebut.

 

Gus Shodiq juga membagikan buku gratis berjudul ‘Belajar Menjadikan Hidup Bermanfaat’ yang ditulis sendiri kepada hadirin. “Semoga manfaat, boleh dibaca, ya boleh juga tidak dibaca,” tambahnya sembari mencairkan suasana.

 

Menurut keterangan pria yang juga menjabat sebagai ketua Pimpinan Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Jawa Timur ini, acara tersebut digagas bersama antara Rumah Sakit (RS) UNISMA, Radar Malang, PW LAZISNU dan LAZISNU Lowokwaru serta Rumah Sedekah dengan pertimbangan menyatukan program menyambut Ramadlan.

 

“Seperti jargon itu, bersama kita hebat, bersatu kita kuat, makanya kita lakukan bersama,” ungkapnya.

 

Dirinya menambahkan bahwa program ini, sebelumnya hanya di bidang kesehatan saja, saat ini sudah berkembang. “Saat ini prograamnya ada pengobatan gratis, santunan yatim, dan pemberian reward kepada para imam langgar dan musala yang tidak mendapatkan bantuan dari provinsi layaknya Imam Masjid,” jelasnya.

 

 

Sementara itu, Ketua LAZSINU Kecamatan  Lowokwaru , Miftahul Arifin menjelaskan bahwa program ini akan terus berlanjut. “Insyaallah kami berharap, lain waktu kami targetkan guru-guru TPQ, guru-guru ngaji dan yang lainnya,” tandasnya.

 

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim