• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Metropolis

Sang Hafidz, KH M Syafiq Munawwar Gresik Wafat

Sang Hafidz, KH M Syafiq Munawwar Gresik Wafat
Alharhum KH M Syafiq Munawwar semasa hidupnya. (Foto: NU Online Jatim)
Alharhum KH M Syafiq Munawwar semasa hidupnya. (Foto: NU Online Jatim)

Gresik, NU Online Jatim

Kabar duka datang dari Kabupaten Gresik. Pengasuh Ponpes Al Munawwar Kauman, Sidayu, KH M Syafiq Munawwar tutup usia, Jumat (05/02/2021) dini hari sekira pukul 02.00 WIB.

 

Selain sebagai pengasuh pesantren,  KH Syafiq Munawwar juga memiliki majelis Tahfidzul Qur'an (penghafal Al-Qur'an) di beberapa tempat mushalla Sidayu. Disamping sebagai kiai hafidz, ia juga faqih dan pengamal agama yang kuat.

 

Almarhum juga merupakan imam sholat ashar serta semaan Al-Qur'an di Masjid Besar Kanjeng Sepuh Sidayu khusus Hari Minggu Pahing. Hal ini sebagai risalah dakwah dalam mengembangkan dan membumikan Al-Qur'an di tengah masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Sidayu dan sekitarnya.

 

Gus Niam Karimi Keluarga Ponpes Mambaul Ihsan Banyuurip Ujungpangkah yang merupakan salah satu teman akrab almarhum mengatakan, sosok KH Syafiq Munawwar adalah ulama sepuh yang termasuk awal menyebarkan ilmu Al-Qur'an di wilayah Kecamatan Sidayu dan sekitar.

 

"Beliau pernah dalam satu majelis dengan saya dan memberi hadiah kitab Asroru Hifdzil Al-Qur'an Karim yakni rahasia menghafal Al-Quranul Karim. Beliau (almarhum) juga sahabat karib dengan KH Ahmad Zaini Rasyid dari Ponpes Al-karimi Tebuwung Dukun," kata Gus Niam.

 

Sementara itu, Miftah anggota Banser Sidayu juga bersaksi bahwa sosok Kiai Syafiq Munawwar adalah termasuk gemar membaca buku dan menulis. "Kalau itu dianggap penting, maka beliau menulis yang nanti menjadi catatan pentingnya," ujarnya.

 

 

Ditambahkan Miftah, di rumah almarhum juga ada perpustakaan pribadi dengan berbagai macam kitab-kitab agama dan lainya. "Semoga beliau khusnul khatimah," katanya.

 

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru