Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Santri Darul Ulum Jombang Dibekali Materi Aswaja Melalui Diklat

Santri Darul Ulum Jombang Dibekali Materi Aswaja Melalui Diklat
Diklat Aswaja yang dilaksanakan di Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang, Sabtu (20/03/2021). (Foto: NOJ/ Yusuf Suharto).
Diklat Aswaja yang dilaksanakan di Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang, Sabtu (20/03/2021). (Foto: NOJ/ Yusuf Suharto).

Jombang, NU Online Jatim

Diklat Aswaja kembali digelar di Kabupaten Jombang. Kegiatan yang dilaksanakan Aswaja NU Center Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang ini menyasar para santri Pesantren Darul Ulum Peterongan.

 

Kegiatan ini diselenggarakan di SMA Darul Ulum 1, dan SMA Darul Ulum 2, serta Asrama Hidayatul Quran asuhan KH Afifuddin Dimyathi, Syuriyah PBNU pada Sabtu - Ahad, (20-21/03/2021). Acara ini dimulai pukul 08.00 WIB hingga siang hari.

 

“Materinya ada tiga sesi, yaitu  Manhaj Fikr Aswaja, Fikih dan Landasan Amaliyah, dan Akidah Ahlussunnah," ujar Ustadz Sururi, pengurus Aswaja NU Center PCNU Jombang.

 

Adapun narasumber kegiatan ini terdiri dari para pengurus Aswaja Center dan Dewan Pakar. Yakni Ustadz Sholahudin, Ustadz Abdul Majid, Ustadz Zainuri, Ustadz Didik, Ustadz Roziki, dan Ustadz Sattar.

 

"Aswaja dianut oleh mayoritas muslim di dunia. Aswaja dianut oleh mayoritas muslim di Indonesia. NU itu organisasi terbesar, walau bukan satu-satunya yang berfaham Aswaja. NU ini adalah organisasi yang berfaham Aswaja dengan memakai pola bermazhab," ujar Yusuf Suharto.

 

Menurutnya, Islam adalah agama yang benar. Dan oleh Rasulullah dinyatakan bahwa umat Islam tak akan berkumpul dalam kesesatan. Artinya, mayoritas umat Islam berada dalam kebenaran, yaitu berada dalam Islam yang pemahamannya murni, yaitu Ahlussunnah wal Jama'ah. Jadi, mayoritas umat Islam ini berada dalam kebenaran. Tak masuk akal, yang benar adalah akidahnya segelintir umat Islam.

 

 

"Imam Abul Hasan Al-Asy'ari dan Imam Abu Manshur al-Maturidy itu meneruskan pemahaman ulama salaf sebelum beliau berdua. Rasulullah menyatakan bahwa abad terbaik itu adalah abad masa Rasulullah dengan para sahabat, kemudian abad tabiin, dan tabiut tabiin. Inilah generasi terbaik," ungkapnya.

 

Penulis: Yusuf Suharto

Editor: Romza

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9