• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Metropolis

Santri Gus Dur Ini Terima Penghargaan Bintang Mahaputera dari Jokowi

Santri Gus Dur Ini Terima Penghargaan Bintang Mahaputera dari Jokowi
Khofifah Indar Parawansa saat acara penerimaan anugerah Bintang Mahaputra Utama dari Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (11/11/2020). (Foto: NOJ/ Istimewa).
Khofifah Indar Parawansa saat acara penerimaan anugerah Bintang Mahaputra Utama dari Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (11/11/2020). (Foto: NOJ/ Istimewa).

Surabaya, NU Online Jatim

Presiden Joko Widodo memberikan anugerah tanda kehormatan Bintang Mahaputra dan Bintang Jasa kepada 70 tokoh nasional di Istana Negara, Rabu (11/11/2020). Para penerima Bintang Mahaputra dan Bintang Jasa tersebut merupakan tokoh nasional yang dinilai berjasa luar biasa untuk Indonesia.

 

Bintang Mahaputera dan Bintang Jasa diberikan kepada para pejabat Negara atau mantan pejabat negara Kabinet Kerja 2014-2019 serta ahli waris dari para tenaga medis dan tenaga kesehatan yang gugur dalam penanganan Covid-19.

 

Tanda kehormatan ini diberikan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 118 dan 119/TK/TH 2020 tertanggal 6 November 2020. Pemberian tanda jasa kehormatan ini merupakan hasil persetujuan dari Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

 

Sementara satu diantara 70 orang penerima Bintang Mahaputra dan Bintang Jasa tersebut diantaranya dikenal sebagai salah satu santri atau kader terbaik KH Abdurrahman (Gus Dur). Dialah Khofifah Indar Parawansa. Perempuan yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur tersebut hadir di Istana Negara setelah mendapat undangan untuk menerima penganugerahan Bintang Mahaputra Utama.

 

“Ini merupakan penghargaan  yang sangat berharga bagi putra bangsa yang di anugerahkan oleh  negara. Apa yang saya lakukan dan dharma bahktikan untuk masyarakat, bangsa dan negara  selama ini semata-mata bentuk bakti  saya untuk membawa perubahan menuju kebaikan  meskipun itu kecil,” ungkap Khofifah sebagaimana siaran pers yang diterima NU Online Jatim, Rabu (11/11).

 

Namun demikian, Khofifah mengaku bangga atas apresiasi yang diberikan negara kepadanya. Mengingat penghargaan Bintang Mahaputera Utama merupakan tanda jasa yang diberikan kepada orang tertentu dengan sejumlah persyaratan khusus.

 

“Alhamdulillah, terimakasih tanda penghargaan ini untuk seluruh rakyat Jawa Timur dan keluarga besar Kementerian Sosial dimana saya pernah mengabdi.  InsyaAllah kedepan kita akan bangun Jawa Timur yang lebih baik dan lebih cettar,”imbuhnya.

 


 

Untuk diketahui sejumlah nama tokoh lain yang juga memperoleh tanda kehormatan dan bintang jasa antara lain Arief Hidayat,  Puan Maharani, Luhut Binsar Pandjaitan, Pratikno, Retno Marsudi,  Asman Abnur,  Yasonna Laoly, Hanif Dhakiri, Basoeki Hadimoeljono, Andi Amran Sulaiman, Susi Pudjiastuti, dan Rudiantara.

 

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru