Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Satgas NU Pragaan Sumenep Gelar Edukasi Covid-19 Libatkan Warga

Satgas NU Pragaan Sumenep Gelar Edukasi Covid-19 Libatkan Warga
Kiai Hambali sosialisasikan program Satgas Covid-19 MWCNU Pragaan. (Foto: NOJ/Firdausi)
Kiai Hambali sosialisasikan program Satgas Covid-19 MWCNU Pragaan. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Kondisi warga Jawa Timur saat ini dihebohkan dengan merebaknya Covid-19 di setiap kabupaten. Penyebarannya cukup masif di setiap daerah. Hal ini disebabkan masyarakat yang berada di zona merah pulang kampung ke daerahnya. 

 

Di Jawa Timur, hanya ada dua kabupaten yang berstatus zona hijau, yakni Sampang dan Sumenep yang sama-sama terletak di Madura. Kedua kabupaten ini menjadi sorotan pemerintah provinsi.

 

Untuk menjaga kestabilan zona hijau, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pragaan Sumenep mengampanyekan pencegahan Covid-19 di sebagian Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU). 
Kali ini bagian PRNU Pragaan Daya 1 yang dijadikan sasaran sosialisasi pengurus oleh MWCNU.

 

Tim Satgas Covid-19 didampingi Ketua MWCNU dan Sekretaris, serta sebagian lembaga yang berada di lingkungan MWCNU Pragaan. Kegiatan ini dipusatkan di kediaman anggota Ranting NU Pragaan Daya 1, Selasa (20/4).

 

"Kami bentuk Satgas di MWCNU Pragaan sebagai wadah yang mampu menampung beragam informasi, kegiatan, dan menerima sumbangan donasi dari pihak yang tidak terikat untuk gerakan kemanusiaan," kata KH Junaidi Mu'arif saat pengarahan.

 

Ketua MWCNU Pragaan ini mengimbau kepada Nahdliyin di Desa Pragaan Daya untuk selalu mematuhi instruksi dan imbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan NU.

 

"Karena pada dasarnya instruksi tersebut salah satu bentuk ikhtiar untuk menahan laju penyebaran Covid-19 di Indonesia," imbuhnya.

 

Edukasi publik dipimpin oleh Sekretaris MWCNU Pragaan yang menjelaskan kepada Nahdliyin yang kebanyakan petani bahwa Satgas Covid-19 yang dibentuk MWCNU Pragaan merupakan jalan alternatif. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran wabah yang lebih ganas daripada virus SARS dan MERS.

 

"Satgas Covid-19 MWCNU Pragaan memiliki beberapa program yang nantinya membantu Nahdliyin di setiap desa,” kata Kiai Hambali Makhtum.

 

Dijelaskannya bahwa program yang dilakukan antara lain penyemprotan disinfektan di beberapa masjid dan madrasah, penyediaan tempat cuci tangan di keramaian.

 

“Juga pendataan warga terdampak dan perantau yang datang dari zona merah, dan ketahanan pangan bagi warga yang layak disantuni," jelas Kiai Hambali di hadapan PRNU dan NU Pragaan Daya 1.

 

Kontributor: Firdausi
Editor: Syaifullah
 

Bank Jatim (31/7)