Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Satu Pekan Banjir di Jombang, NU di Berbagai Daerah Turun Tangan

Satu Pekan Banjir di Jombang, NU di Berbagai Daerah Turun Tangan
Banjir yang merendam ribuan rumah warga di Desa Gondangmanis, Bandar Kedungmulyo. (Foto: NOJ/BJ)
Banjir yang merendam ribuan rumah warga di Desa Gondangmanis, Bandar Kedungmulyo. (Foto: NOJ/BJ)

Jombang, NU Online Jatim

Sudah satu pekan banjir di sejumlah desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang belum surut. Banjir tersebut disebabkan oleh beberapa tanggul yang jebol, seperti di Dusun Plosorejo. Tanggul tersebut jebol dengan lebar 20 meter, pada Kamis (04/02/2021) sekitar pukul 03.00 WIB. Kemudian di Dusun Kedunggabus, tanggul jebol seluas 10 meter. Sementara di Desa Gondangmanis tanggul jebol seluas 20 meter. Lagi-lagi, air tersebut masuk ke area persawahan.

 

Pada Sabtu (06/02/2021), banjir di Dusun Manisrenggo, Desa Gondangmanis mulai surut. Namun, di kawasan lain kembali muncul banjir baru yaitu Desa Pucangsimo yang cukup parah.

 

Ribuan warga terpaksa harus meninggalkan rumahnya yang terendam banjir untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Hal ini menggugah empati dari berbagai pihak, seperti yang dilakukan oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Lengkong, Nganjuk.

 

Dalam upaya membantu para korban banjir, MWCNU Lengkong melalui lembaganya menyalurkan bantuan ke posko Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Nganjuk yang berada di lokasi banjir.

 

”Kami mengirimkan bantuan berupa sembako, selimut, serta kebutuhan penting lainnya,” kata Mohammad Ismail, Ketua NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Lengkong.

 

Ismail berharap, bantuan ini bisa meringankan beban korban banjir.

 

“Semoga bencana banjir ini segera surut. Semoga apa yang kami berikan bisa meringankan beban korban banjir,” ungkapnya.


Editor:
F1 Promosi