Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Seabad NU, IPNU-IPPNU UIN Malang Gelar Sejumlah Acara

Seabad NU, IPNU-IPPNU UIN Malang Gelar Sejumlah Acara
Pamflet rangkaian acara seabad NU oleh IPNU-IPPNU UIN Malang. (Foto: NOJ/INH)
Pamflet rangkaian acara seabad NU oleh IPNU-IPPNU UIN Malang. (Foto: NOJ/INH)

Malang, NU Online Jatim

Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan serangkaian acara dalam memperingati hari lahir (harlah) NU, IPNU dan IPPNU se- UIN Malang.

 

Ketua pelaksana acara Yulianti Rukmana menceritakan bahwa Kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang temanya berhubungan dengan grand design dari kepengurusan kami di PKPT. “Pada kegiatan ini kami mengusung tema 'Refleksi Diri Generasi Muda NU dalam menyongsong 1 Abad NU," katanya kepada NU Online Jatim, Selasa (09/03/2021).

 

Tema tersebut dibuat, lanjut Yulianti sebagai jalan muhasabah sekaligus mengasah ghirah kader muda Nahdliyin untuk berkembang semakin baik ke depannya. "NU semakin berumur, semakin matang juga pola organisasi, keilmuan serta potensi kadernya," ujar Wakil Ketua 2 Bidang Dakwah dan Pengembangan Minat Bakat itu.

 

Sementara itu, Ketua IPPNU UIN Malang Isti Puji Rahayu menjelaskan, ada tiga acara selama tiga minggu berturut-turut pada bulan Maret ini yang dilaksanakan setiap hari Ahad. “Kalangan yang hadir kami fokuskan untuk internal PKPT IPNU-IPPNU dulu, yang mana mencakup pengurus dan jajaran Pimpinan Anak Komisariat Perguruan Tinggi (PAKPT)," ujarnya.

 

Pertama, kata dia, ialah khatmil quran yang diselenggarakan pada Ahad mendatang (14/03/2021). Kegiatan itu dilaksanakan oleh setiap PAKPT secara offline maupun online. Kedua, lanjut Isti, yakni kegiatan istighasah, tahlil dan doa bersama pada Ahad pekan kemudian (21/03/2021). Bertempat di Komisariat IPNU UIN Malang, acara nantinya akan dipungkasi dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk peringatan Harlah NU, IPNU, dan IPPNU.

 

"Puncak acara yakni webinar yang diselenggarakan pada Minggu 28 Maret 2021 dengan pembicara ’Lora Ismail Al- Kholilie', dilaksanakan online via zoom meeting," ujar mahasiswi jurusan Hukum Ekonomi Syariah itu.

 

Sementara itu, Ketua IPNU UIN Malang Anggi Yusuf Mustofa mengatakan, serangkaian acara itu dibuat atas beberapa dasaran. “Pertama, sebagai rasa syukur kita atas peringatan harlah NU, IPNU dan IPPNU yang semakin matang usia dan pola organisasinya,” ucapnya.

 

Kedua, lanjut dia, sebagai bentuk implementasi slogan 3B (Belajar, Berjuang dan Bertaqwa) dalam bentuk rangkaian ubudiah, belajar bersama, serta menumbuhkan ghirah baru dalam menyongsong satu Abad NU.

 

"Dengan serangkaian acara ini kami berharap kader PKPT IPNU IPPNU UIN Malang bisa meningkatkan kompetensi kader dalam ubudiyahnya. Kemudian bertumbuh kembangnya kesadaran kader muda NU dalam aktualisasi diri untuk kemajuan peradaban warga NU ke depannya," kata mahasiswa juruan Tadris Bahasa Inggris itu.

 

Editor: Nur Faishal

Iklan promosi NU Online Jatim