Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Segarnya ‘Es Penyegar Kalbu’ Ala IPPNU Jember Cocok untuk Takjil

Segarnya ‘Es Penyegar Kalbu’ Ala IPPNU Jember Cocok untuk Takjil
Es Penyegar Kalbu cocok dijadikan minuman saat buka puasa. (Foto: NOJ/RSu)
Es Penyegar Kalbu cocok dijadikan minuman saat buka puasa. (Foto: NOJ/RSu)

Jember, NU Online Jatim

Ramadlan identik dengan buah blewah yang biasanya diolah menjadi es segar yang cocok untuk takjil atau menu berbuka puasa. Menu inilah yang dibuat Emi Fahrun Nisa', kader Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jember. Dan karya olahan ini diberi nama ‘Es Penyegar Kalbu’.

 

Dirinya menjelaskan bahwa nama es terinspirasi dari bahan-bahan yang ada.

 

''Ada buah blewah yang paling utama, kemudian biji selasih, agar-agar, dan sirup yang pastinya sangat segar untuk disajikan menjadi es,” katanya, Ahad (25/04/2021).

 

Nah, dari bahan-bahan yang memiliki kandungan air tinggi dan dapat menghidrasi tubuh itulah, maka muncul ide nama penyegar kalbu.

 

Menurut Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPPNU Ambulu tersebut, es buatannya sangat cocok untuk dijadikan takjil karena memiliki vitamin dan gizi bagus.

 

"Selain memiliki kandungan air tinggi, ada manfaat lain dari blewah, yaitu buah dengan sumber serat, antioksidan, serta vitamin yang membantu kekebalan tubuh,” terangnya.

 

Demikian pula blewah merupakan buah yang memiliki kandungan kalori rendah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan makanan pembuka saat berbuka puasa.

 

Lebih rinci, Helmi menyebutkan sejumlah bahan yang digunakan dalam membuat es buah. Yaitu blewah, biji selasih, agar-agar dengan warna sesuai selera.

 

“Di sini saya menggunakan warna putih dan hijau, juga gula pasir, sirup, air dan es batu,” urai dia.

 

Sedangkan cara membuatnya, pertama kali blewah dicuci hingga bersih, kemudian serut blewah. Berikutnya memasak agar-agar hingga matang, diamkan hingga siap digunakan. Ketika sudah siap dan mengeras, lalu potong dadu.

 

Tahapan berikutnya memasukkan biji selasih ke air matang, didiamkan hingga mengembang. Kemudian memasukkan gula pasir ke dalam air dan tuangkan sirup secukupnya.

 

“Selanjutnya siapkan wadah bisa mangkuk atau gelas, kemudian masukkan serutan blewah, potongan agar-agar, biji selasih dan sirup lalu aduk sampai semua tercampur rata,” rincinya.

 

Sedangkan tahapan terakhir, jangan lupa diberi es batu.

 

“Hal itu agar segar dan es penyegar kalbu pun siap disruput menjadi menu buka puasa," pungkas dia.

 

Editor: Syaifullah

Bank Jatim (31/7)