• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Metropolis

Segera Daftar, NU Online Membuka Kelas Menulis Feature

Segera Daftar, NU Online Membuka Kelas Menulis Feature
E-pamflet kelas menulis feature NU Online.
E-pamflet kelas menulis feature NU Online.

Surabaya, NU Online Jatim

NU Online akan mengadakan ‘Kelas Menulis Feature’ sejak pertengahan bulan Juli hingga awal Agustus 2021. Kini, pendaftaran bagi peserta kelas menulis yang akan dilangsungkan secara virtual tersebut telah dibuka.

 

Adapun NU Online merupakan situs resmi Nahdlatul Ulama. NU Online kini sudah memiliki jaringan di tingkat provisnsi, di antaranya NU Online Jatim, NU Online Jateng, NU Online Jabar, NU Online Banten, dan sedang dirintis untuk NU Online Lampung.

 

Kelas dijadwalkan sebanyak empat pertemuan setiap Ahad, 18 Juli-8 Agustus 2021 pukul 10.00-12.00 WIB. Kelas menulis feature bertujuan untuk memberikan alternatif lain para kontributor NU Online dalam penulisan berita.

 

Kelas akan menghadirkan Syaifullah Ibnu Nawawi, Pemimpin Redaksi Majalah Aula dan NU Online Jatim. "Feature merupakan salah satu bentuk tulisan nonfiksi, dengan karakter human interest yang kuat. Tulisan jurnalistik juga, namun tidak selalu harus mengikuti rumus klasik 5W + 1 H," kata Syaifullah Ibnu Nawawi dikutip NU Online.  

 

Melalui kemampuan menulis feature, nantinya para kontributor dan alumni kelas dapat menyajikan tulisan yang lebih bersifat menghibur. Isinya kadang sesuatu yang remeh dan luput dari liputan pewarta straight news dan news value, tetapi tidak terlalu terikat dengan tenggat waktu.   

 

"Menulis feature lebih 'santai', tidak dituntut tenggat, dan bisa bicara apa saja. Memang konsekuensinya nilai beritanya tidak hard," ungkapnya. 

 

Syaifullah menyebutkan feature ditulis dengan gaya bertutur, deskriptif, sedemikian rupa sehingga susunan kata dan kalimatnya mampu menggambarkan atau melukiskan suatu profil atau peristiwa tertentu. Oleh karena itu, feature sesungguhnya sebuah 'cerita', tapi bukan cerita mengenai fiksi melainkan mengenai fakta.   

 

Berbagai materi akan disajikan dalam kelas feature. Di antaranya jenis-jenis feature, mengolah ide, menentukan sudut pandang, memahami bahasa feature.

 

Berdasarkan data NU Online, tulisan berita yang disajikan dalam bentuk feature menjangkau banyak pembaca. Saat tulisan dibaca lama setelah pemuatan, pembaca tidak merasa bahwa itu merupakan tulisan lama atau berita atas kejadian yang sudah lama terjadi. Tulisan feature dapat mengajak pembaca merasakan apa yang diceritakan oleh wartawan.  

 

Tulisan feature di NU Online juga menjadi alternatif penulisan prestasi siswa, madrasah, pesantren, kiprah tokoh, maupun kreativitas warga NU.

 

Segera Daftar
Selain para kontributor, kelas juga dapat diikuti masyarakat umum. Artinya, mereka yang belum menjadi kontributor NU Online, dapat mengikuti kelas ini.   

 

Para peserta selain menyimak paparan narasumber juga diajak dalam sesi diskusi serta bimbingan. Peserta yang mengikuti keseluruhan sesi juga berhak menerima sertifikat. Peserta juga berkesempatan menulis di NU Online dan media jaringannya.  

 

Untuk mengikuti kelas ini peserta membayar biaya sebesar Rp200.000. Bagi peserta yang mendaftar pada 3-12 Juli 2021 mendapatkan potongan harga sebesar 50 persen. Pembayaran ke rekening BRI a.n PBNU QQ NU Online 0335-01-001-318-308.

 

 

Pendaftaran terakhir pada 17 Juli 2021 melalui tautan http://gg.gg/KelasFeatureNUO. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung di nomor WhatsApp 0889-0546-7739.


Editor:

Metropolis Terbaru