• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Malang Raya

Sejumlah Santri TPQ di Batu Meriahkan Lomba Tartilil Qur'an

Sejumlah Santri TPQ di Batu Meriahkan Lomba Tartilil Qur'an
Seleksi Lomba tartilil Qur'an tingkat kecamatan di kota Batu. (NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya)
Seleksi Lomba tartilil Qur'an tingkat kecamatan di kota Batu. (NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya)

Batu, NU Online Jatim
Lomba tartilil Qur'an menjadi salah satu agenda dalam peringatan Hari Santri 2021 di Kota Batu. Puluhan santri Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) mengikuti seleksi tingkat kecamatan pada Ahad (10/10/2021). Kegiatan juga bertujuan melahirkan generasi Qur'ani sejak dini.

 

Supervisor Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur'an (LPPTKA) Kecamatan Junrejo, Abdul Latif Maulana menuturkan pihaknya bekerja sama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kota Batu dalam pelaksanaan lomba tartilil Qur'an ini.

 

"Ya, kami bekerja sama dengan PCNU Batu dalam rangka memeriahkan hari santri," katanya.

 

Pengurus LPPTKA tingkat kecamatan diberikan amanah sebagai koordinator pelaksana. Abdul Latif menambahkan, pemenang dari kecamatan akan menjadi perwakilan untuk tingkat kota.

 

"Nantinya kita akan ambil juara satu sampai harapan dua untuk putra dan putri, selanjutnya mereka akan masuk tingkat kota pada tanggal 16 Oktober," tuturnya.

 

Lebih lanjut, dirinya berharap kegiatan semacam ini nantinya bisa lebih meriah seperti sebelum terjadi pandemi.

 

"Biasanya untuk kegiatan hari santri kita ada pawai dan kegiatan lomba-limba yang lebih semarak. Mudah-mudahan pandemi segera berakhir dan kegiatan kita bisa maksimal," pungkasnya.

 

Lomba dikhususkan untuk anak usia 8-11 tahun per 1 Oktober 2021. Diikuti lebih dari 90 peserta dari tiga kecamatan yang ada. Untuk kecamatan Bumiaji seleksi berlokasi di TPQ Al Muhtady 5 Pagergunung-Gunungsari. Kecamatan Batu berlokasi di Gedung Guru Ngaji kota Batu, dan Kecamatan Junrejo berlokasi di PP Mafatihul Muhtadin Pendem.

 

Penulis: Zaiyana Nur Ashfiya


Editor:

Malang Raya Terbaru