Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Sejumlah Ulama di Jatim Buktikan Vaksin AstraZeneca Aman

Sejumlah Ulama di Jatim Buktikan  Vaksin AstraZeneca  Aman
Hasan Ubaidillah (kanan) di kantor MUI Jatim. (Foto: NOJ/Hisam M)
Hasan Ubaidillah (kanan) di kantor MUI Jatim. (Foto: NOJ/Hisam M)

Surabaya, NU Online Jatim
Ada sejumlah ulama dan kiai yang mengikuti vaksinasi Covid-19 hari ini, Senin (22/03/2021). Kegiatan dipusatkan di Pendopo Kabupaten Sidoarjo dan disaksikan langsung oleh Presiden RI.

 

Terhadap hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur sangat mengapresiasi uswah atau teladan yang diberikan ulama. Bahwa tokoh panutan umat ini tidak semata mengimbau dan memberikan saran, melainkan langsung memberi contoh, sehingga dapat ditiru umat.

 

“Para ulama di samping memberikan pandangan akan kebolehan vaksin AstraZeneca, sekaligus memberikan teladan dan contoh pertama,” kata H Hasan Ubaidillah.

Wakil Sekretaris MUI Jatim ini mengemukakan bahwa para ulama adalah contoh pertama yang bersedia untuk divaksin dengan menggunakan AstraZeneca.

 

“Saat itu vaksinasi disaksikan Presiden, Menteri Kesehatan dan pejabat lain, termasuk Gubernur Jatim serta Bupati Sidoarjo,” katanya.
 

Pernyataan tersebut disampaikannya pada konferensi pers Komisi Fatwa MUI Jatim tentang solusi hukum Islam untuk vaksin. Acara dipusatkan di kantor MUI setempat.

Disampaikannya bahwa setidaknya ada sejumlah ulama sepuh bertemu langsung dengan presiden, kemudian melakukan vaksinasi.

 

“Di antaranya ada KH Anwar Manshur, KH Anwar Iskandar, KH Agus Ali Masyhuri, KH Zainuddin Jazuli, KH Nawawi Abdul Jalil, termasuk Ketua MUI Jatim, KH Mutawakkil Alallah,” jelasnya.


Hasan Ubaidillah juga berharap selama vaksinasi tetap menaati protokol kesehatan. Karena saat ini masih pandemi, kendati gerakan vaksinasi digencarkan.

“Jadi kita sabar menunggu imbauan dari pemerintah pusat dan provinsi. MUI akan terus bersinergi dengan pemerintah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kondisi yang ada,” pungkasnya.

 

Editor: Syaifullah

Bank Jatim (31/7)