• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Matraman

Selain Mapel Umum, SMP 2 Ma'arif Ponorogo Ajarkan Kitab Kuning

Selain Mapel Umum, SMP 2 Ma'arif Ponorogo Ajarkan Kitab Kuning
SMP 2 Ma'arif Ponorogo. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad).
SMP 2 Ma'arif Ponorogo. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad).

Ponorogo, NU Online Jatim

Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) terus mendukung sekolah di bawah naungannya yang memiliki keunggulan tertentu. Salah satunya Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2 Ma'arif yang terletak di komplek Pondok Pesantren Hudatul Muna Jenes, JL Yos Sudarso I/24A  Ponorogo. Sekolah ini memiliki unggulan penerapan pembelajaran kitab kuning selain Mata Pelajaran (Mapel) umum.

 

Muhibbuddin, Wakil Sekretaris Pengurus Cabang LP Ma'arif NU Ponorogo mengatakan, SMP 2 Ma'arif merupakan satu-satunya sekolah bukan madrasah dibawah binaan Ma'arif yang menerapkan sistem pembelajaran Pondok Pesantren.

 

"Termasuk di salah satu kurikulumnya ada pelajaran baca kitab kuning. Itu kitab-kitab klasik kitab kuning yang diajarkan disitu," katanya kepada NU Online Jatim, Sabtu (13/03/2021).

 

Gus Muhib, yang juga Kepala Satuan Koordinator Rayon (Kasatkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU itu mengungkapkan, terkait dengan pelajaran umum tetap disampaikan dan diajarkan. Namun, ada kitab kuning sebagai materi tambahan.

 

Kemudian pola pesantren yang diterapkan yakni shalat dhuha berjamaah sebelum dimulainya pelajaran di kelas setiap harinya. Ini diterapkan sebelum adanya Pandemi Covid-19.

 

"Kemudian siang hari dilanjut shalat berjama'ah dan pemberian pelajaran kitab kuning selama setengah jam. Ada fiqih, ada tauhid," paparnya.

 

Ia menambahkan, pada intinya mata pelajaran umum tetap utama dan pelajaran kitab kuning serta suasana pesantren tetap dihidupkan. Maka tak lupa, ia mengajak kepada nahdliyin untuk menyekolahkan putra-putrinya di LP Ma'arif.

 

 

"Pelajaran pondok, seperti kitab kuning, lalaran imriti, amaliyah termasuk shalat dhuha dan wajib tahlil. Ayo sekolah di Ma'arif NU," pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru