Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Selama Ramadlan, Banser Sumenep Jaga Masjid dan Mushala di 87 Titik

Selama Ramadlan, Banser Sumenep Jaga Masjid dan Mushala di 87 Titik
Anggota Banser Sumenep saat PAM di Masjid Agung Sumenep, Senin (12/04/2021) malam. (Foto: NOJ/ Habib).
Anggota Banser Sumenep saat PAM di Masjid Agung Sumenep, Senin (12/04/2021) malam. (Foto: NOJ/ Habib).

Sumenep, NU Online Jatim

Memasuki bulan suci Ramadlan, kenyamanan dan keamanan jamaah saat melaksanakan shalat tarawih perlu diperhatikan. Hal tersebut penting agar jamaah shalat tarawih dapat fokus melaksanakan ibadah.

 

Atas dasar hal itu, Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Sumenep melaksanakan operasi pengamanan masjid dan mushala saat ibadah shalat tarawih dilaksanakan. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan instruksi Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumenep.

 

“Kegiatan ini termasuk bagian dari menjaga keamanan, kenyamanan, dan kondusifitas jamaah yang sedang beribadah. Selain itu, juga untuk mengingatkan jamaah supaya tetap mematuhi protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19 yang hingga kini belum usai,” ujar Su’aidi, kepada NU Online Jatim, Senin (12/04/2021).

 

Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Sumenep tersebut menambahkan, penjagaan masjid dan mushala ini tersebar di 87 titik di seluruh kecamatan di Kabupaten Sumenep, baik di daratan maupun kepulauan.

 

“Angka 87 tersebut dipilih sesuai dengan Hari Lahir (Harlah) GP Ansor yang ke-87. Setiap masjid atau mushala minimal ada dua anggota Banser,  disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” imbuhnya.

 

Sementara itu, K Qumri Rahman menuturkan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan PC GP Ansor Sumenep dalam rangka memperingati Harlah GP Ansor yang ke-87 pada tanggal 24 April mendatang.

 

Ketua PC GP Ansor Sumenep tersebut menambahkan, dalam memperingati Harlah diagendakan sejumlah kegiatan lain. Di antaranya ialah Tour Ziarah Muassis NU Sumenep dan Ngaji Kitab Muassis NU.

 

“Ziarah muassis tersebut digelar pada Ahad (11/04/2021) kemarin. Meliputi Asta KH Muhammad Syarqawi, KH Muhammad Ilyas, KH Abdullah Sajjad, dan KH Abi Sudjak, yang merupakan pendiri NU pertama di Sumenep. Sedang untuk ngaji kitab muassis akan dilaksanakan setiap Rabu siang di Sekretariat PC GP Ansor Sumenep,” jelasnya.

 

Tidak hanya itu, Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo tersebut menyebutkan bahwa juga akan menyusul nantinya beberapa kegiatan lainnya. Meliputi Khotmil Qur'an, Peringatan Nuzulul Qur'an, dan Ansor Peduli Jompo, Anak Yatim, dan Dlu’afa.

 

 

“Kesemuanya dari kegiatan tersebut dilaksanakan di 87 titik, sesuai dengan Harlah GP Ansor,” pungkasnya.

 

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim