Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Seminar Pendidikan Digelar saat Pelantikan IPNU-IPPNU Probolinggo

Seminar Pendidikan Digelar saat Pelantikan IPNU-IPPNU Probolinggo
Pelantikan dan seminar pendidikan yang diadakan PC IPNU-IPPNU Kota Probolinggo, Ahad (07/02/2021). (Foto: NOJ/ Atmadi).
Pelantikan dan seminar pendidikan yang diadakan PC IPNU-IPPNU Kota Probolinggo, Ahad (07/02/2021). (Foto: NOJ/ Atmadi).

Probolinggo, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Probolinggo menggelar pelantikan dan seminar pendidikan di Aula Dinas Pendidikan Kota setempat, Ahad (07/02/2021). Acara dengan tema ‘membangun sinergi memperkokoh potensi’ tersebut dilaksanakan secara terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan.

 

Dalam sambutannya, Samsul Huda selaku Ketua Panitia berharap setelah pelantikan digelar semua pengurus PC IPNU-IPPNU Kota Probolinggo bisa saling bersinergi serta terus menggali potensi yang ada.

 

"Semoga dengan adanya pelantikan PC IPNU IPPNU Kota Probolinggo dapat bersinergi dengan baik guna untuk membangun potensi yang baik," ujarnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jatim, M Ishomuddin Haidar menyampaikan, adanya pelantikan berarti IPNU-IPPNU harus siap untuk berjuang mencapai tujuan organisasi.

 

"Dengan adanya pelantikan ini berarti peluit kick of sudah dibunyikan. Itu tandanya rekan dan rekanita yang telah dilantik harus bergerak, berjuang untuk mencapai tujuan. Pelajar NU harus siap menghadapi tantangan kedepannya," ucapnya.

 

Sementar itu, Ketua PC IPNU Kota Probolinggo, Muhammad Rizal Ali berpesan kepada jajaran pengurusnya yang telah dilantik supaya terus semangat dan jangan menyerah di tengah jalan.

 

"Kepada rekan dan rekanita harus tetap semangat dan jangan menyerah di tengah jalan. Sabar dan terus berjuang dalam menghadapi tantangan. Tetap tabah sampai akhir," katanya.

 

Paeni Efendi, Staf ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemkot Probolinggo menyampaikan bahwa pihaknya siap bersinergi dan mendukung kegiatan IPNU-IPPNU. "Pemerintah Kota Probolinggo akan selalu sinergi, mendorong, memotivasi dan memfasilitasi semua organisasi dengan kegiatan-kegiatan yang bernilai positif bagi masyarakat. Dan bagi pengurus IPNU dan IPPNU Kota Probolinggo setelah dilantik ini segeralah melakukan audiensi dengan pemerintah Kota Probolinggo tentang program kerja kedepan agar bisa sinergi untuk kemajuan Kota Probolinggo," ungkapnya.

 

Seminar Pendidikan

Pasca pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan seminar pendidikan dengan tema "Peran Pelajar NU di Era Pandemi”. Dalam seminar tersebut PC IPNU-IPPNU Kota Probolinggo mendatangkan dua pemateri. Yaitu Agus Lithanta, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo serta M Ishomudin Haidar Kordinator IPNU Educare Jawa Timur. Kegiatan ini juga sekaligus launching IPNU Educare di Kota Probolinggo.

 

Dalam seminar tersebut, Agus menjelaskan tentang pelaksanaan pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. Menurutnya, pelajar dan tenaga pendidik dituntut kreatif dalam melakukan pembelajaran di era pandemi.

 

"Di era pandemi seperti saat ini pembelajaran dilaksanakan dengan dua cara. Yaitu luring dan daring. Pembelajaran luring dilaksanakan dengan terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan dan pembelajaran daring bisa melalui platform atau media yang bisa digunakan untuk pembelajaran daring. Di pandemi ini pelajar dan tenaga pengajar harus kreatif dalam melaksanakan pembelajaran," ujarnya.

 

Sementara M Ishomuddin Haidar menjelaskan tentang peran pelajar NU serta memperkenalkan tentang IPNU educare kepada peserta seminar.

 

"Peran pelajar NU di masa pandemi ini sangat banyak. Pelajar NU jangan hanya bisa mengkritik tapi juga harus bisa memberikan solusi. Untuk itulah IPNU educare hadir. IPNU educare memberikan pendampingan kepada pelajar yang kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran di era pandemic," jelasnya.

 

 

Ketua PC IPNU Kota Probolinggo, M Rizal Ali mengungkapkan bahwa pelaksanaan seminar tersebut merupakan bukti nyata peran pelajar NU di era pandemi.

 

"Kegiatan ini merupakan bukti nyata bahwa pelajar NU mampu berperan di tengah-tengah masyarakat. Saya harap nanti semua anggota IPNU maupun IPPNU menjadi relawan IPNU educare. Karena IPNU educare ini sangat banyak sekali manfaatnya,” kata Rizal kepada NU Online Jatim.

 

Penulis: Atmadi

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim