Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Senyum Insan Transportasi di Tulungagung dan Pasuruan Terima Paket Sembako

Senyum Insan Transportasi di Tulungagung dan Pasuruan Terima Paket Sembako
Sejumlah sopir ojek online menerima bantuan dari PC LAZISNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/M Syawaludin)
Sejumlah sopir ojek online menerima bantuan dari PC LAZISNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/M Syawaludin)

Tulungagung, NU Online Jatim
Tidak ada yang akan menduga bahwa pada momentum Ramadlan dan hari raya Idul Fitri, armada transportasi massal dilarang beroperasi.  Bayangan para sopir, kernet, kondektur, serta pihak yang berhubungan dengan amgkutan umum akan panen besar, akhirnya sirna.

 

Dengan aturan pemerintah dalam upaya meredam penyebaran virus Covid-19  yang melarang beroperasinya angkutan umum menjadi pukulan berat. Insan transportasi harus memutar otak agar bisa menghidupi keluarga.

 

Dalam suasana seperti itu, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Tulungagung membagikan paket sembako dan masker kepada insan transportasi.


"LAZISNU Kabupaten Tulungagung bekerja sama dengan NU Care LAZISNU Provinsi Jawa Timur, Kompas TV dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia membagikan ratusan paket sembako," kata Lukman Hakim, Selasa (11/05/2021).


Ketua Pengurus Cabang (PC) LAZISNU Kabupaten Tulungagung tersebut menjelaskan, bahwa ratusan paket sembako tersebut dibagikan kepada pengemudi angkutan umum. Dari mulai tukang ojek, becak, sopir truk, khususnya pengemudi NUJek di lima titik.


"Dalam satu paket sembako, terdapat masker yang bisa digunakan oleh para pengemudi agar semakin terbiasa memakai, sehingga bisa membantu pemerintah dalam mencegah persebaran Covid-19," jelasnya saat menyerahkan paket sembako kepada salah satu sopir truk.


Pembagian paket sembako yang bertajuk 'Dua Juta Masker untuk Insan Transportasi' tersebut mendapat respons positif dari seluruh penerima.


"Seluruh isi paket sembakonya sangat sesuai dengan kebutuhan keluarga untuk merayakan Idul Fitri, terima kasih LAZISNU Kabupaten Tulungagung," kata Supri, salah satu tukang becak.


Putra sebagai tukang ojek penerima paket sembako juga mengaku senang. Ia merasa mendapat perhatian khusus.


"Biasanya yang dapat sembako yang di rumah. Ini saya pas kerja di jalan, disamperin dikasih sembako, alhamdulillah," tutur Putra.


Meriahnya Pembagian Sembako di Pasuruan

Sedangkan puluhan paket sembako dan dua juta masker untuk pekerja bidang transportasi juga dibagikan. Kali ini dipusatkian di kantor operasional Nusantara Ojek (Nujek), Kompleks Graha Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Barat Lapangan Warungdowo Kecamatan Pohjentrek, Senin (10/5/2021).

 

Ketua PC LAZISNU Kabupaten Pasuruan, H Muhammad Nawawi menyampaikan bahwa bantuan masker dan sembako tersebut dalam rangka memaksimalkan penanganan Covid-19. Yakni dalam disiplin memakai masker dan membantu keterpenuhan secara ekonomi bagi pekerja transportasi.

 

"Diharapkan pembagian masker ini dapat mencegah penyebaran wabah Covid-19 dan membantu kebutuhan sembako para insan transportasi," katanya kepada NU Online Jatim.

 

Ia juga menjelaskan mengapa bantuan hanya dikhususkan untuk pekerja di bidang transportasi.

 

"Mereka terus berjuang di tengah masa pandemi yang berdampak pada intensitas pekerjaannya," kata alumnus Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah tersebut. 

 

Gus Mamad, sapaan akrabnya, selain mengucapkan terima kasih kepada PW LAZISNU Jatim, juga berharap untuk terus menjalin kegiatan bersama. Sehingga dengan demikian semakin banyak warga yang terbantu.

 

"Semoga terus terjalin dengan baik sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan," pungkas Pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin, Kraton tersebut.

 

Kegiatan dilakukan di dua tempat. Di kantor Nujek dan untuk driver ojek online. Sedangkan penerima dari tukang becak di sekitar Pasar Ngempit dan Pasar Sidogiri Kecamatan Kraton.

 

Editor: Syaifullah

F1 Promosi Iklan