Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Serentak se-Indonesia, Vaksinasi Santri juga Digelar di Sampang

Serentak se-Indonesia, Vaksinasi Santri juga Digelar di Sampang
Vaksinasi santri yang digelar di Pondok Pesantren Assirojiyyah Kajuk Kabupaten Sampang. (Foto: NOJ/ Fahromi N).
Vaksinasi santri yang digelar di Pondok Pesantren Assirojiyyah Kajuk Kabupaten Sampang. (Foto: NOJ/ Fahromi N).

Sampang, NU Online Jatim

Vaksinasi Merdeka dilakukan serentak di sejumlah pesantren dan rumah ibadah di seluruh Indonesia. Salah satunya di Pondok Pesantren Assirojiyyah Kajuk Kabupaten Sampang, Selasa (07/09/2021). Kegiatan tersebut diluncurkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dari Pondok Pesantren KH Syamsuddin Kabupaten Ponorogo, di hari yang sama.

 

Pengasuh Pondok Pesantren Assirojiyyah, KH Athoullah Bushiri mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait yang telah memfasilitasi terselenggaranya vaksinasi untuk seluruh santri.

 

"Alhamdulillah, bisa mengajak santri-santri untuk sadar vaksin. Sekarang sudah mencapai sekitar 400 santri yang telah divaksin," ujarnya.

 

Ia menuturkan, semula masih banyak santri yang merasa takut disuntik vaksin. Namun, berkat sosialisasi dan edukasi yang terus dilakukan, akhirnya kesadaran santri soal vaksin mulai terbangun dan meningkat.

 

"Mudah-mudahan semua jadi tahu akan manfaat dan pentingnya vaksin tersebut, dengan tidak lagi termakan berita hoaks yagn bertebaran,” harapnya.

 

Sementara itu, Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz menjelaskan, bahwa kegiatan ini digelar serentak di seluruh Indonesia, dengan menyasar pondok pesantren dan tempat-tempat ibadah. Harapannya, agar herd immunity atau kekebalan kelompok segera tercapai.

 

"Kegiatan ini diinisiasi langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo dengan sasaran pondok pesantren dan tempat-tempat ibadah," katanya di sela-sela kegiatan.

 

Disampaikan pula, semenjak vaksinasi dimulai dari tiga bulan lalu, sebanyak 80 pesantren di Sampang yang telah melakukan vaksinasi. Total keseluruhan masyarakat dan santri yang divaksinasi mencapai 20 persen dari jumlah total penduduk.

 

"Untuk hari ini, kita laksanakan di tiga tempat. Yakni Pesantren Assirojiyyah, Pesantren Darul Ulum Gersampal, dan satu pesantren di Ketapang dengan total target 1.500 dosis vaksin," pungkasnya.

 

Penulis: Fahromi Nashihuddin

Editor: A Habiburrahman


Editor:
F1 Bank Jatim