Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Siaga, Banser Jatim Bentuk Pasukan Satu Peleton Satu Desa

Siaga, Banser Jatim Bentuk Pasukan Satu Peleton Satu Desa
Rakorwil I Satkorwil Banser Jawa Timur di Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/MS)
Rakorwil I Satkorwil Banser Jawa Timur di Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/MS)

Pasuruan, NU Online Jatim

Satuan Koordinasi Wilayah Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Timur akan menyiagakan personelnya untuk membantu pemerintah dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Setiap desa akan disiagakan satu peleton atau sekitar 55 anggota Banser.

 

''Satu peleton itu kalau dikalikan jumlah desa di Jatim jumlahnya bisa luar biasa, dan ini adalah amanat Ketua PWNU Jatim,'' ujar Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jatim, HM Syafiq Syauqi alias Gus Syafiq, ketika membuka Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) I di Hotel Permata Biru, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (03/04/2021).

 

Ia juga mengatakan, bahwa amanat pembentukan satu peleton Banser di setiap desa akan menjadi tugas Kepala Satkorwil Banser Jatim yang saat ini dijabat oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf alias Gus Irsyad.

 

''Anggota banser Jatim mencapai 500 ribu. Dulu baru didata 50 ribu anggota servernya sudah jebol. Ke depan akan kami perbaiki,'' tandas Gus Syafiq.

 

Kasatkorwil Banser Jawa Timur, HM Irsyad Yusuf menjelaskan, Rakorwil tahun ini untuk menyamakan persepsi Banser se-Jatim terkait program kerja sehingga mampu menyatukan kekuatan Banser se-Jawa Timur.

 

"Ini adalah momentum untuk konsolidasi Banser se-Jatim, dalam rangka penyusunan program kerja Banser Jatim ke depan. Kita menata program-program, diklat-diklat untuk upgrading anggota," kata Gus Irsyad.

 

Salah satu poin yang dimatangkan dalam rakorwil ialah peran Banser dalam membantu pemerintah untuk menanggulangi terorisme dan pengamanan kegiatan masyarakat.

 

"Nanti dibahas dan kita bagi-bagi tugas di beberapa segmen yang terdapat di banser. Salah satunya itu (Penanganan terorisme, pengamanan dan penanganan hal-hal kemasyarakatan), kata adik dari Ketua PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul itu.

 

Rakorwil digelar secara ketat dan terbatas dengan menerapka protokol kesehatan Covid-19. Sebagian mengikuti secara virtual. Sejumlah kader Ansor yang menjadi tokoh pemuda dan politisi di Jatim tampak hadir. Di antaranya, Thoriqul Haq (Bupati Lumajang), KH Abdul Mujib Imron (Wakil Bupati Pasuruan), dan HM Sudiono Fauzan (Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan).

 

Hadir pula jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan, di antaranya, AKBP Rofiq Ripto Himawan (Kapolres Pasuruan), Ramdhanu Dwiyantoro (Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan), Letkol Arh Burhan Fajari Arfian (Dandim 0819 Pasuruan) dan sejumlah Kiai.

 

Editor: Nur Faishal

F1 Promosi Iklan