• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Matraman

Siapkan Calon Atlet, Pagar Nusa di Jombang Latihan Bersama

Siapkan Calon Atlet, Pagar Nusa di Jombang Latihan Bersama
Ilustrasi Pagar Nusa. (Foto: NOJ)
Ilustrasi Pagar Nusa. (Foto: NOJ)

Jombang, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa Kecamatan Peterongan adakan latihan bersama di halaman Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama NU setempat pada Selasa (06/07/2021). Kegiatan dilaksanakan sebagai ruang penyaluran bakat generasi muda agar terasah menjadi atlet profesional.

 

Banyaknya kaum muda yang sering menghabiskan waktunya dengan hal yang kurang bermanfaat menjadi salah satu perhatian bagi pengurus Pagar Nusa Peterongan. Hal ini dilakukan untuk menempa bakat generasi muda menjadi atlet pencak silat.

 

"Kegiatan ini dilakukan untuk mewadahi anak-anak muda yang belum memiliki kegiatan positif," kata Bendahara PAC Pagar Nusa Peterongan Robith, dikutip dari nujombang.or.id, Rabu (07/07/2021).

 

Dalam kegiatan ini, anggota tidak hanya diajarkan tentang menjadi atlet maupun seni bela diri, namun diajarkan pula tentang keorganisasian dan etika.

 

"Mengembangkan kreativitas anak di era sekarang, selain harus produktif di organisasi, kami juga menanamkan akhlakul karimah," ujar Robith.

 

Organisasi ini juga memberikan kenaikan level untuk mendapatkan sabuk. Setiap ujian, warga diberi tes fisik bela diri. Selain itu. warga juga diberi tes tentang baca doa keseharian dan tentang ke-NUan.

 

Adanya tes kerohanian dan ke-NUan ini dilakukan untuk mengingatkan bahwa pencak silat ini didirikan oleh para ulama.

 

"Setiap akan naik level (untuk mendapatkan sabuk), warga akan mengikuti tes kerohanian tentang sejarah NU. Selain itu juga ada tes doa harian," tandasnya.

 

Editor: Nur Faishal


Matraman Terbaru