Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Siapkan SDM Unggul, Ranting NU di Sumenep Dirikan SMK Maritim

Siapkan SDM Unggul, Ranting NU di Sumenep Dirikan SMK Maritim
Nyai Hj Dewi Khalifah, Wabup Sumenep saat peletakan batu pertama SMK Maritim di Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Kamis (09/09/2021). (Foto: NOJ/ Ibnu Abbas).
Nyai Hj Dewi Khalifah, Wabup Sumenep saat peletakan batu pertama SMK Maritim di Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Kamis (09/09/2021). (Foto: NOJ/ Ibnu Abbas).

Sumenep, NU Online Jatim

Geliat dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) warga Nahdlatul Ulama (NU) melalui sektor pendidikan terus dilakukan. Salah satunya dilakukan oleh Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Lobuk Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, yakni dengan pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Maritim.

 

Memulai pembangunannya, peletakan batu pertama dilakukan oleh Nyai Hj Dewi Khalifah Wakil Bupati (Wabup) Sumenep pada Kamis (09/09/2021). Acara tersebut dikemas dengan doa bersama.

 

Wabup Sumenep mengapresiasi atas kiprah Ranting NU Lobuk dalam memajukan pendidikan. Karenanya, ia menyatakan atas nama pemerintah, siap bersinergi dan membantu perihal apapun yang dibutuhkan. 

 

"Insyaallah, kami Pemerintah Kabupaten Sumenep siap membantu apa yang bisa kami bantu. Semoga peletakan batu pertama ini bukan mejadi peletakan batu terakhir pula. Dalam artian terus berkembang menjadi SMK Martim dan menjadi panutan dari lembaga-lembaga lain," ungkapnya. 

 

Kehadiran SMK Maritim Sebelas Maret diharapkan menjadi penyokong lahirnya SDM mumpuni menghadapi era industri. Di antaranya bisa berkonsentrasi pada bidang pengelolaan hasil laut supaya bisa menuai manfaat untuk masyarakat. 

 

Kiai Ahmad Majdi Tsabit, Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep dalam sambutannya menuturkan bahwa kehadiran SMK Maritim Sebelas Maret Ranting NU Lobuk Bluto merupakan representasi sinergi NU dalam dunia pendidikan. 

 

"Ini salah satu contoh bahwa NU juga bersinergi di dalam dunia pendidikan," tuturnya.

 

Masyaikh Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep itu juga berharap, kiprah Ranting NU Lobuk Bluto di bidang pendidikan ini bisa menjadi contoh bagi ranting-ranting NU lainnya. 

 

"Semoga ini bisa menjadi contoh bagi ranting-ranting NU yang lain. Sehingga peran serta dalam dunia pendidikan semakin maju," imbuh pria yang akrab disapa Kiai Majdi itu. 

 

Kehadiran SMK Maritim Sebelas Maret Ranting NU Lobuk Bluto, menurut Kiai Majdi sangat strategis dan sesuai kebutuhan masyarakat. Sebab sosial-ekonomi masyarakat sekitar mayoritas berdekatan dengan laut. 

 

"Ditambah lagi dekat dengan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Jika bisa saling bersinergi maka akan lebih baik lagi," tandasnya. 

 

 

Adapun legalitas formal SMK Maritim Sebelas Maret terdaftar pada Badan Hukum perkumpulan Nahdatul Ulama SK Kemenkumham No. AHU-70.AH.01.08.Tahun 2015.

 

Selain Wabup Sumenep, hadir pula pengurus LP Ma'arif PCNU Sumenep, jajaran pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Bluto, lembaga dan badan otonom (banom) di lingkungan MWCNU Bluto, serta pemerintah desa setempat. 

 

Penulis: Ibnu Abbas

Editor: Romza


Editor:
F1 Bank Jatim