Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Simak Ngaji Kitab Arbain Hadits Karya Mbah Hasyim

Simak Ngaji Kitab Arbain Hadits Karya Mbah Hasyim
Ngaji kitab Arbain Hadits NU dalam rangkaian harlah. (Foto: NOJ/ISt)
Ngaji kitab Arbain Hadits NU dalam rangkaian harlah. (Foto: NOJ/ISt)

Surabaya, NU Online Jatim

Sejumlah kegiatan digelar pada peringatan hari lahir ke-98 Nahdlatul Ulama oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. Beberapa telah rampung diselenggarakan dengan sukses.

 

Dari mulai Harlah Virtual Nahdlatul Ulama atau Havana, juga vaksinasi bagi 98 kiai dan ulama. Dalam waktu dekat juga akan diselingi dengan kegiatan lain, salah satunya adalah ngaji kitab karya Hadratussyekh KH M Hasyim Asy’ari.

 

“Pada rangkaian harlah NU kali ini, salah satu yang diagendakan adalah ngaji kitab karya Hadratussyekh KH M Hasyim Asy’ari,” kata Ahmad Karomi, Rabu (24/02/2021).

 

Sekretaris Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Jawa Timur tersebut menyampaikan bahwa kegiatan akan dilangsungkan Kamis (25/02/2021) malam.

 

“Karena masih pandemi, ngaji dilangsungkan secara virtual,” kata pria yang baru saja meraih gelar doktor di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) tersebut.

 

Dijelaskan Gus Karomi bahwa kitab yang nantinya dikaji berjudul Arbain Haditsan Tata'allaq bi Mabadi' Jam'iyyah Nahdatil Ulama.Yakni kitab yang menerangkan 40 hadits berkaitan dengan pendirian Nahdlatul Ulama.

 

“Kitab ini sayangnya jarang dijadikan bahan pengajian di beberapa pesantren. Karenanya, momentum harlah akan menjadi sarana untuk kembali memasyarakatkan kitab ini,” terang alumnus Pesantren Ploso, Kediri tersebut.

 

Disampaikan bahwa ngaji kitab berlangsung pukul 19:20 WIB, dengan demikian bagi yang berkenan untuk bergabung untuk hadir atau masuk lebih awal. Karena kapasitas juga terbatas.

 

“Nantinya juga akan ada sambutan oleh Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar,” ungkapnya. Demikian pula KH Fahmi Amrullah Hadzik yang akan membaca kitab tentu memberikan sighat ijazah.

 

Dikemukakan Gus Karomi sebagaimana dipesankan Kiai Marzuki yakni ngajinya tidak harus khatam. “Namun yang lebih ditekankan adalah pemahaman kepada peserta,” jelasnya.

 

Pihak panitia juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk memiliki teks kitab dimaksud.  

 

Adalah kitab Arbain Haditsan Tata'allaq bi Mabadi' Jamiyyah Nahdatil Ulama karya Kiai Hasyim Asy'ari yang ditulis berkenaan dengan berdirinya Jamiyyah Nahdatil Ulama, memiliki kekhasan tersendiri. Kitab dilampirkan bersamaan dengan Mukaddimah Qanun Asasi Nahdatul Ulama yang berkaitan erat (tata'allaq) dengan berdirinya NU.

Iklan promosi NU Online Jatim