Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Sinergi Bareng TNI-Polri, IPNU-IPPNU di Gresik Gelar Vaksinasi

Sinergi Bareng TNI-Polri, IPNU-IPPNU di Gresik Gelar Vaksinasi
Proses vaksinasi oleh PAC IPNU-IPPNU Ujungpangkah, Gresik yang bersinergi dengan TNI-Polri. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)
Proses vaksinasi oleh PAC IPNU-IPPNU Ujungpangkah, Gresik yang bersinergi dengan TNI-Polri. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Ujungpangkah menggelar vaksinasi. Kegiatan yang dilakukan bersama TNI-Polri setempat ini dipusatkan di Pondok Pesantren Mambaul Ihsan, Desa Banyuurip, Ujungpangkah, Gresik, Selasa (21/09/2021).

 

Ketua IPNU Ujungpangkah, M Kholilullah mengatakan digelarnya kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi aktif pelajar NU setempat dalam menangani pandemi Covid-19. Meskipun kondisi penularan Covid-19 saat ini berangsur melandai.

 

"Kami bersinergi dengan sejumlah pihak, utamanya TNI-Polri, guna menyukseskan vaksinasi. Hal ini karena persentase capaian vaksinasi di Kecamatan Ujungpangkah masih rendah," katanya.

 

Selain kegiatan kali ini, Kholilullah menambahkan, bahwa pihaknya juga turut aktif membantu proses vaksinasi yang digelar oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) serta sejumlah pondok pesantren di kecamatan setempat.

 

Beberapa kali pihaknya juga mengajak dan mengedukasi pelajar agar bersedia untuk divaksinasi. Mengingat, vaksinasi penting dilakukan agar proses belajar mengajar saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas lebih efektif dan aman tidak menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

 

"Tidak hanya kepada para pelajar, kami juga melakukan edukasi kepada para orang tua mereka akan pentingnya vaksinasi. Hal itu agar anaknya yang berusia 12 tahun ke atas diizinkan disuntik vaksin,” terangnya.

 

Disebutkan olehnya, bahwa dalam vaksinasi tersebut pihaknya berperan memasukkan data peserta. Sementara, tenaga kesehatan bertugas menginjeksi vaksin dan screening. Kemudian, personil TNI-Polri siaga di bagian pengamanan.

 

Sementara Kapolsek Ujungpangkah, AKP Sujito mengatakan pihaknya sengaja terus menggenjot dan menggandeng sejumlah pihak, yang dalam hal ini IPNU-IPPNU, demi suksesnya proses vaksinasi serta tercapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

 

“Ada sekitar 500 dosis vaksin yang kami sediakan pada proses vaksinasi kali ini,” sebutnya.

 

Dirinya pun bersyukur karena antusiasme pelajar dan masyarakat yang hendak divaksinasi begitu tinggi. Namun demikian, meski sudah divaksin hendaknya tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

 

 

"Alhamdulillah, antuasiame peserta vaksinasi cukup tinggi. Kami mengimbau agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Editor:
F1 Bank Jatim