Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Sinergitas LAZISNU di Malang Patut Diapresiasi

Sinergitas LAZISNU di Malang Patut Diapresiasi
Proses pembangunan rumah warga korban bencana alam. (Foto: NOJ/HM)
Proses pembangunan rumah warga korban bencana alam. (Foto: NOJ/HM)

Malang, NU Online Jatim

NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) di momen Hari Lahir (Harlah) ke-98 Nahdlatul Ulama (NU) ini tetap dan kembali merealisasikan aksi kemanusiaan. Kali ini, Ahad (28/02/2021) donasi yang terkumpul dari masyarakat digunakan untuk membangun dua unit rumah korban bencana longsor beberapa waktu yang lalu di Dusun Sebaluh, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

 

“Dua rumah ini kita bangun kembali mulai dari nol sampai selesai menjadi rumah yang layak huni dan permanen. Pembangunan dua rumah ini akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 45 juta,” terang H Siswanto sekretaris NU-Care LAZISNU Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

 

Menurut keterangan pria kelahiran Surabaya tersebut, anggaran diperoleh dari donasi masyarakat melalui NU Care-LAZISNU Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Pujon dan didukung oleh Pimpinan Cabang (PC) NU Care-LAZISNU Kabupaten Malang serta gotong royong masyarakat sekitarnya.

 

“Giat kali ini dilaksanakan dengan gotong royong dan guyub rukun antara masyarakat Dusun Sebaluh, Pandesari dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Banser Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Pujon. Serta Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU)," jelasnya.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus PC NU Care-LAZISNU Kabupaten Malang LAZISNU, Gus Hafid Murtazi, Kapolsek Pujon beserta beberapa anggota, pengurus MWCNU Kecamatan Pujon, Badan Otonom (Banom) NU sete,pat, dan Kepala Desa Pandesari beserta jajarannya.

 

“Dengan semangat guyub rukun insyaallah dalam waktu 4 sampai 5 hari rumah sudah selesai,” ucap Siswanto kepada NU Online Jawa Timur.

 

Siswanto mengisahkan bahwa warga penerima bantuan pembangunan rumah tersebut merasa bahagia dan terharu sambil menitikkan air mata.

 

“Mereka mengucapkan terima kasih kepada LAZISNU,” ungkapnya.

 

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Pandesari H Mudawam, mengapresiasi giat NU Care-LAZISNU yang telah banyak membantu.

 

"Saya merasa bahagia sekali dan berterima kasih kepada NU Care-LAZISNU yang di pimpin Abah Siswanto telah membantu membangun kembali rumah warga saya,” paparnya.

 

Dalam momen tersebut, Kapolsek Pujon, AKP Supriyanto turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada NU Care-LAZISNU.

 

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan kemanusiaan NU Care-LAZISNU yang selalu memberikan manfaat kepada masyarakat. Saya berharap supaya setiap kegiatan ke masyarakat oleh NU Care-LAZISNU atau kegiatan ke-NU-an lain, agar kami turut dilibatkan supaya bisa selalu bersama sama berbuat manfaat untuk kepentingan umat,” terangnya.

 

Selain itu, H Zainudin, selaku Ketua MWCNU Kecamatan Pujon mengakui bahwa keberadaan NU Care-LAZISNU membantu untuk semua umat tanpa pandang bulu.

 

“NU Care-LAZISNU berkontribusi untuk semua warga bukan hanya nahdliyin. Sehingga semua bisa mengambil manfaatnya. Untuk itu saya titip LAZISNU di Pandesari ini kepada bapak Kepala Desa agar dapat berkembang dan bermanfaat untuk masyarakat serta pembangunan Desa Pandesari," ujarnya.

 

Penulis: Hilyatul Maknunah

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim