Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Siswa Madrasah di Pasuruan Sabet Juara Robotik Nasional

Siswa Madrasah di Pasuruan Sabet Juara Robotik Nasional
Siswa MTsN 2 Pasuruan yang meraih juara lomba robotik tingkat nasional. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar).
Siswa MTsN 2 Pasuruan yang meraih juara lomba robotik tingkat nasional. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar).

Pasuruan, NU Online Jatim

Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 (MTsN 2) Pasuruan meraih juara 1 tingkat nasional kategori "Best Design Robotic" pada lomba Madrasah Robotics Competition (MRC) 2020 yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat (19/02/2021).

 

MRC merupakan ajang kompetisi robotika dan otomasi madrasah tingkat nasional. Kompetisi diselenggarakan mulai dari menemukan ide, merakit, merancang, mengoperasikan hingga menemukan teknologi baru bidang robotika dan otomasi yang dirancang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.

 

Adalah Sultan Ahmad Al-Hannan dan Mega Azalia Banowati yang telah berhasil meraih kejuaraan bergengsi tingkat nasional tersebut.

 

Pembina Kelas Robotik MTsN 2 Pasuruan, Efendi Nanang Suwanto merasa bangga dan bahagia atas keberhasilan anak-anak didiknya meraih gelar juara 1 Best Design Robotik dalam acara MRC.

 

“Saya merasa bangga akan prestasi anak didik yang dapat menjuarai kelas robotik tingkat nasional dengan merengkuh juara 1. Tapi keberhasilan ini tidak cukup sampai disini. Karena rasa bangga itu ketika progam robotik sudah mulai menonjol dan mampu membuahkan hasil, mampu menerapkan kelas unggulan yang awal konsepnya ekstrakulikuler dan sekarang berkembang menjadi muatan local,” tuturnya.

 

Desain robot yang mendapat juarat 1 ini terinsporasi dari Robot al-Banjari (Roban). Inspirasi tersebut mendorong tim peserta MRC MTsN 2 Pasuruan menciptakan kreasinya dengan membuat robot sederhana.

 

Pembina kelas robotika yang mengampu mapel bahasa Inggris ini berharap agar perolehan kejuaraan tersebut mampu memotivasi dan menginspirasi siswa untuk menggagas penciptaan robot-robot sederhana berdasarkan kebutuhan dan diaplikasikan dalam muatan lokal.

 

 

“Sebenarnya inspirasi Roban (Robot Al-Banjari) ini adalah mendorong dan memotivasi anak-anak mampu untuk lebih kreatif membuat robot-robot sederhana berdasarkan kebutuhan. Ide anak-anak dituangkan dan diaplikasikan dari kegiatan muatan lokal dan perlahan lahan mengikuti even-even lomba robotik yang sampai saat ini sudah mampu bersaing di kancah nasional. Semoga di tahun-tahun mendatang bisa lebih baik lagi,’’ ungkapnya.

 

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim