• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Metropolis

Soal Abu Janda, PWNU Jatim: Banyak Merugikan NU

Soal Abu Janda, PWNU Jatim: Banyak Merugikan NU
KH Abdusalam Sohib, Wakil Ketua PWNU Jatim. (Foto: dok)
KH Abdusalam Sohib, Wakil Ketua PWNU Jatim. (Foto: dok)

Surabaya, NU Online Jatim

Permadi Arya alias Abu Janda dipolisikan terkait cuitannya yang diduga rasisme terhadap mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. Kini, cuitan tersebut juga menjadi sorotan berbagai kalangan.

 

Menyikapi hal itu, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menegaskan semua pernyataan Abu Janda selama ini sama sekali tak ada kaitannya dengan NU. Sebaliknya, justru pernyataan Abu Janda banyak merugikan NU.

 

"Yang perlu dipahami juga, Abu Janda juga tak ada kaitannya dengan NU. Sama sekali tak ada. Menurut saya bahkan lebih banyak cenderung merugikan NU," tegas Wakil Ketua PWNU Jatim, KH Abdusalam Sohib sebagaimana dikutip detikcom, Jumat (29/1/2021).

 

Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang yang akrab disapa Gus Salam ini kemudian menyoroti kebiasaan Abu Janda yang kerap berpakaian baju Barisan Ansor Serbaguna atau Banser. Menurut Gus Salam hal itu sangat tidak dipatut dilakukan.

 

"Itu juga dia sering pakai baju Banser dan seterusnya. Itu kan menurut saya sesuatu yang tidak patut dia lakukan. Dan sangat merugikan," ujar Gus Salam.

 

Ia juga menyatakan tidak mengetahui secara persis latar belakang Abu Janda yang selama ini banyak dikaitkan dengan NU. "Dan sebenarnya kami juga tidak tahu latar belakang dia itu apa. Kemudian kok bisa seorang Abu Janda yang tidak jelas asal-usulnya menjadi tokoh yang kemudian pernyataan-pernyataan ini sering menghebohkan kalau tidak ada orang-orang di balik itu tidak mungkin," tandas Gus Salam.

 

 

Sebelumnya, PBNU juga menegaskan pernyataan Abu Janda tidak ada kaitannya dengan NU. "Oh nggak dong. Saya kira pernyataan yang disampaikan Abu Janda kalau seperti itu, itu tidak mewakili NU ya. Tidak mewakili NU," kata Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini di gedung PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (28/01/2021).


Editor:

Metropolis Terbaru