Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Soal Perda Pesantren, Dewan Jatim Minta Saran dari Masayikh Daerah

Soal Perda Pesantren, Dewan Jatim Minta Saran dari Masayikh Daerah
Reses II tahun 2021, Hj Siti Mukiarti. (Foto: NOJ/Marisa)
Reses II tahun 2021, Hj Siti Mukiarti. (Foto: NOJ/Marisa)

Trenggalek, NU Online Jatim

Reses adalah komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala yang merupakan kewajiban anggota DPRD di luar persidangan.

 

Hj Siti Mukiarti, Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Jatim memanfaatkan masa Reses ke II 2021. Kegiatan ini dirangkai dengan doa bersama yang dilanjutkan buka bersama di Gedung NU kabupaten Trenggalek, Jumat sore (07/05/2021).

 

Muki mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader NU yang telah memberikan dukungan mereka sampai akhirnya dirinya diberikan kemampuan, kesehatan dan amanah ini.

 

"Semoga kita benar-benar bisa mengemban amanah dari para masayikh dan kalau memang ada yang ingin disampaikan maka kami akan memikirkan,” ucapnya.

 

Tujuan reses adalah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di daerah pilihan sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan.

 

Dari ceritanya, ia telah berbincang dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur terkait pembentukan Peraturan Daerah tentang Pengembangan Pesantren.

 

"Untuk itu kita perlu masukan dari para masayikh untuk perkembangan pesantren ke depan. Karena mereka yang paling mengerti kebutuhan pesantren,” ungkapnya.

 

Politisi asal Trenggalek itu menambahkan, jika selanjutnya dirinya akan membawa sejumlah rekomendasi terkait Peraturan Daerah tentang Pengembangan Pesantren dari para masayikh ke Provinsi Jawa Timur.

 

"Masukan-masukan dari para masayik ini nanti akan kami sampaikan dan kami perjuangkan di Provinsi Jawa Timur, yang mana manfaatnya nanti akan dirasakan juga oleh seluruh masyarakat," pungkas Muki.

 

Acara ini dihadiri oleh seluruh Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Kabupaten Trenggalek, Muslimat NU se-Kabupaten Trenggalek, Muslimat NU, Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Barisan Serba Guna (Banser), Fatayat NU, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek.

 

Di samping itu, Muki juga membagikan souvenir berupa sarung bagi laki-laki dan mukena bagi perempuan dengan jumlah peserta kurang lebih 200 peserta yang menghadiri acara reses tersebut.

 

Editor: Risma Savhira


F1 Promosi Iklan