Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Songsong Ramadlan, Gugas NU Peduli di Sumenep Lakukan Penyempotan Disinfektan

Songsong Ramadlan, Gugas NU Peduli di Sumenep Lakukan Penyempotan Disinfektan
Penyemprotan oleh Gugas NU Peduli Covid-19 MWCNU Pragaan, Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi)
Penyemprotan oleh Gugas NU Peduli Covid-19 MWCNU Pragaan, Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Sebelum memasuki bulan suci Ramadlan, para pemudik mulai memadati jalanan, khususnya warga Madura yang mayoritas merantau di perkotaan mulai pulang ke kampung halaman. Namun, yang menjadi perhatian khalayak adalah mereka mencari nafkah di zona merah.

 

Untuk menjaga zona hijau di Kabupaten Sumenep, Gugus Tugas (Gugas) NU Peduli Covid-19 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pragaan, Sumenep melakukan penyemprotan disinfektan. Khususnya  di tempat yang dianggap menimbulkan perkumpulan masyarakat. Kegiatan melibatkan Barisan Ansor Serbaguna atau Banser.

 

"Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih atas partisipasi Gugas NU Peduli Covid-19 yang mana didominasi oleh Banser,” kata KH A Junaidi Mu’arif, Selasa (21/4).

 

Ketua MWCNU Pragaan ini berharap kiprah para simpatisan yang dipelopori Banser sesuai dengan doa dari Habib Lutfi Pekalongan.

“Beliau pernah megatakan andaikan saya ditakdirkan masuk surga, maka saya tidak akan masuk surga sebelum Banser,” ungkapnya kepada tim.

 

Kali ini lokasi yang diutamakan menurut jadwal adalah kantor MWCNU Pragaan, masjid dan mushala di Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Jaddung.

 

Dipilihnya Kantor MWCNU bukan tanpa pertimbangan. Yang utama adalah bahwa di kantor tersebut merupakan titik kumpul Nahdliyin.

 

“Termasuk belanja di swalayan NU, simpan dan pinjam di BMTNU, pelayan kesehatan di Klinik NU, dan pelayanan administrasi di kantor MWCNU," kata Gus Harir Hidayat.

 

Selain itu, Ketua Gugas Covid-19 ini menyampaikan bahwa kegiatan bekerja sama antara tim Gugas dan pengurus PRNU Jaddung, yang sebelum dibentuknya Gugas meminta untuk melakukan pencegahan Covid-19. Yang diluluskan adalah penyemprotan disinfektan di setiap masjid, mushala, pesantren atau lembaga pendidikan, dan tempat umum lain.

 

"Kita berada di sini merupakan panggilan jamiyah,” kata Nawawi. 

 

Koordinator penyemprotan tersebut merasa bangga dan bersyukur atas kekompakan serta keikhlasan tim Gugas yang didominasi Banser. Karena mereka telah meluangkan waktu untuk melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa titik. 

 

“Semoga apa yang kita lakukan menjadi amal baik dan diterima oleh Allah SWT," harapnya.

 

Ustadz Subaidi selaku Ketua PRNU Jaddung sangat berterima kasih atas ikhtiar Gugas. Diharapkan dari kegiatan ini virus Corona dapat dicegah. Terutama memberikan rasa aman kepada warga.

 

"Penyemprotan disinfektan ini membuat masyarakat Jaddung merasa tenang dan tidak panik dengan kabar yang beredar di media," katanya.

 

Kontributor: Firdausi
Editor: Syaifullah
 

Bank Jatim (31/7)