Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Spesial Lebaran, Fatayat NU di Jember Buka Bazar Sembako Murah

Spesial Lebaran, Fatayat NU di Jember Buka Bazar Sembako Murah
Bazar sembako murah yang diadakan Fatayat NU dan LAZISNU Kalisat Jember menjelang Lebaran. (Foto: NOJ/HJ)
Bazar sembako murah yang diadakan Fatayat NU dan LAZISNU Kalisat Jember menjelang Lebaran. (Foto: NOJ/HJ)

Jember, NU Online Jatim

Memasuki hari raya Idul Fitrih menjadi momentum yang  istimewa bagi Pimpinan Anak Cabang (PAC)  Fatayat NU Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, untuk berbagi.  Salah satu bentuknya dengan menggelar bazar sembako murah di kantor Kecamatan Kalisat, selasa (04/05/2021).

 

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara Fatayat NU Kalisat, LAZISNU Kalisat, dan toko Sibagus. Ketua PAC Fatayat NU Kalisat Helmik Silvia menjelaskan bahwa bazar tersebut dimaksudkan untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sembako di tengah tren naiknya harga menjelang Lebaran.

 

"Momen Lebaran merupakan puncak tertinggi konsumsi masyarakat kita, karena ada kebiasaan silaturrahim dan bertamu dengan membawa oleh-oleh. menjamu tamu dan selamatan yang semuanya melibatkan barang pokok seperti beras, gula, telur, minyak dan mie instan. Sehingga bahan pokok menjadi mahal," kata Helmik kepada NU Online Jatim, Rabu (05/05/2021).

 

Adapun sistem bazar sembako tersebut ialah menggunakan kupon yang diberikan kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu dan juga anggota Fatayat yang membutuhkan, dengan sistem shift yang sudah ditentukan.

 

"Mengingat masih pandemi dan dilarang berkerumunan, sehingga kegiatan ini kita buat bergelombang. Dari 150 kupon kita bagi shift maksimal 10 orang," imbuhnya.

 

Helmik menjelaskan, kegiatan tersebut bagian dari program Fatayat NU Kalisat di bidang ekonomi yang bertujuan meringankan beban kebutuhan masyarakat. Selain bazar, kegiatan ekonomi lainnya ialah pelatihan makanan ringan, pelatihan membuat kue kering, pemberdayaan ekonomi kreatif, dan lainnya.

 

"Semoga (kegiatan bazar sembako murah) dapat meringankan beban masyarakat, dan juga ke depan semoga bisa lebih banyak lagi sasaran, harga lebih murah, dan jenis barang semakin lengkap dan bermacam-macam," katanya berharap.

 

Camat Kalisat Regar Jeane mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Fatayat NU tersebut. Menurutnya, kegiatan seperti itu sangat bagus untuk membantu kebutuhan masyarakat Kalisat, terutama yang kurang mampu.

 

Editor: Nur Faishal

F1 Promosi Iklan