• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Matraman

Spirit Pelajar NU di Jombang Gelar Kaderisasi meski Pandemi

Spirit Pelajar NU di Jombang Gelar Kaderisasi meski Pandemi
Pelaksanaan Diklatama CBP-KPP Bandarkedungmulyo, Jombang. (Foto:NOJ/INH).
Pelaksanaan Diklatama CBP-KPP Bandarkedungmulyo, Jombang. (Foto:NOJ/INH).

Jombang, NU Online Jatim

Masa pandemi tidak menyurutkan spirit kader pelajar Nahdlatul Ulama dalam melaksanakan kaderisasi. Hal inilah yang dilakukan Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) Corps Brigade Pembangunan (CBP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang. , Jum'at-Ahad dengan menggelar Diklatama,

 

Proses kaderisasi tersebut ialah Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Pertama atau Diklatama, yang merupakan kaderisas awal di ranah CBP-KPP. Kegiatan yang digelar selama tiga hari sejak Jum’at (28/05/2021) hingga Ahad (30/05/2021) ini bertajuk ‘Membentuk Karakter Disiplin Serta Membangun Jiwa Sosial Yang Tinggi’.

 

Pelaksanaan Diklamata kali ini terpusat di dalam ruangan. Di antara muatan materinya ialah pengetahuan Keaswajaan, Ke-IPNU-an dan Ke-IPPNU-an, serta Ke-CBP-an dan ke-KPP-an. Dengan materi tersebut, diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan dan mencetak kader yang disiplin.

 

Muhammad Aqil Mubayyinul Haq mengatakan, bahwa banyak kader alumni Diklatama yang cerdas dan militan dalam berkhidmat di NU secara umum, dan di IPNU-IPPNU secara khusus.

 

"Inilah bukti nyata bahwa kegiatan Diklatama mampu melahirkan sosok pemimpin yang militan", ujarnya pada NU Online Jatim, Sabtu (29/05/2021).

 

Sementara itu, Muhammad Syahrul Roziqin, salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan, dalam berkhidmah kader IPNU-IPPNU hendaknya paham dengan asas organisasi. Asas organisasi tersebut menjelaskan bahwa IPNU-IPPNU merupakan organisasi sosial kemasyarakatan dan kepelajaran.

 

"Bahwa menjadi kader IPNU-IPPNU harus berada di garda terdepan dalam mengikat dan menghimpun pelajar agar pengetahuan keilmuan mumpuni, tanggung jawab sosial yang tinggi, serta loyalitas pengabdian kepada organisasi juga memadai, " ujar Roziqin, sapaan akrabnya.

 

Roziqin juga menjelaskan, bahwa dalam sebuah organisasi kaderisasi menjadi ujung tombak gerakan. Karena maju tidaknya sebuah organisasi dapat dilihat sejauh mana penataan dan pengelolaan kaderisasi dilakukan.

 

“Kaderisasilah yang akan menjaga keberlangsungan sebuah organisasi, agar para kader memiliki loyalitas dan totalitas yang tinggi,” ungkap Wakil Ketua Bidang Kaderisasi Pimpinan Cabang (PC) IPNU Jombang ini.

 

Ia pun berharap, agak seluruh peserta Diklatama mengetahui dan memahami sejarah berdirinya NU dan hal lain yang melingkupinya.

 

"Mari kita berjuang bersama-sama di Nahdlatul Ulama melalui organisasi pelajar IPNU-IPPNU atau melalui CBP-KPP-nya," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru