Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Syukuran Hari Santri, NU Ranting di Sidoarjo Adakan Tadabur Alam

Syukuran Hari Santri, NU Ranting di Sidoarjo Adakan Tadabur Alam
Kegiatan Tadabur Alam yang diadakan oleh PRNU Plumbungan, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, diikuti oleh jajaran pengurus PRNU, Banom, dan lembaga, bertempat di wisata kolam renang dan perkemahan Tlogo Sewu, Pandaan, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu-Ahad (24-25/10/2020). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto).
Kegiatan Tadabur Alam yang diadakan oleh PRNU Plumbungan, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, diikuti oleh jajaran pengurus PRNU, Banom, dan lembaga, bertempat di wisata kolam renang dan perkemahan Tlogo Sewu, Pandaan, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu-Ahad (24-25/10/2020). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Momentum peringatan Hari Santri masih ramai digelar hingga pelosok negeri. Tentu hal itu bagian dari ekspresi rasa syukur berbagai kalangan atas kiprah santri dalam keterlibatannya mempertahankan Negara.

 

Salah satunya juga dilakukan Pimpinan Ranting  Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Plumbungan, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo yang melaksanakan kegiatan Tadabur Alam di Desa Duren Sewu, wisata kolam renang dan perkemahan Telogo Sewu Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

 

Kegiatan Tadabur Alam tersebut dikemas dalam acara peringatan Hari Santri tahun 2020. Adapun kegiatan yang dilaksanakan dua hari pada Sabtu-Ahad (24-25/10/2020) ini pesertanya adalah pengurus ranting NU, seluruh Badan otonom (Banom) dan lembaga. Selama pelaksanaan kegiatan, protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak tetap diterapkan dengan baik.

 

Ketua  PRNU Plumbungan, M Lasdir dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh Banom dan lembaga tersebut. “Kami sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Banom  dan lembaga yang berada dibawah naungan PRNU Plumbungan ini,” katanya.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Acara, Haidar Ali menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut untuk lebih mengenal kebesaran Allah SWT yang menciptakan langit, bumi dengan segala isinya. Selain itu, pihaknya ingin mewujudkan sinergitas lebih erat antara NU, Banom, dan lembaga secara bersama dalam membangun serta memajukan organisasi jam'iyyah NU, khususnya di Ranting Plumbungan.

 

“Di masa Pandemi Covid 19 yang masih belum berakhir ini, PRNU Plumbungan tetap melaksanakan kegiatan ini karena sudah tertuang dalam program kerja. Kegiatan Tadabur Alam selama dua hari tersebut diikuti oleh sekitar 85 orang peserta,” katanya.

 

Lebih lanjut, Ketua Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Plumbungan ini menerangkan, bahwa program kerja seluruh Banom dan lembaga yang berada dibawah naungan PRNU Plumbungan sudah berjalan dengan cukup baik. Bahkan manfaatnya pun sudah sangat dirasakan oleh seluruh anggota serta masyarakat warga Desa Plumbungan pada umumnya.

 

“Banyak acara dan materi menarik yang kami sajikan dalam kegiatan Tadabur Alam ini. Diantaranya pembacaan tahlil, istighotsah dan doa bersama. Selanjutnya, peserta diberikan materi penguatan organisasi oleh Anita Hidayati, Pembina Ranting Fatayat NU Plumbungan,” terangnya.

 


 

Dalam kesempatan tersebut, peserta juga diberikan materi keragaman bahasa dalam menggunakan Media sosial (Medsos) oleh Sulthon, Sekretaris PRNU Plumbungan. Pada tengah malam, peserta  diajak mengikuti renungan malam sekaligus malam keakraban yang dipimpin oleh Ketua Pimpinan Cabang PC Lembaga Penanganan Bencana dan Perubahan Iklim NU (LPBINU) Kabupaten Sidoarjo, Muchammad Solichuddin.

 

“Pagi harinya, peserta kita ajak berolahraga, dan dilanjutkan dengan outbound (fun game) yang bertujuan untuk membangun kebersamaan tim,” ujar Haidar, sapaan akrabnya.

 

Lebih jauh, ia menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan tersebut . “Kami sampaikan terimakasih kepada H Sullamul Hadi Nurmawan selaku pembina PAC GP Ansor Sukodono atas bantuan nasi tumpengnya, Pemdes Plumbungan yang telah membantu akomodasi, PC LPBINU Sidoarjo, NU, Banom, dan LAZISNU ranting, serta semua pihak,” pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:
F1 Bank Jatim