Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Tak Ada Tripod Kardus pun Jadi

Tak Ada Tripod Kardus pun Jadi
Agustina Rahma, santriwati yang juga mahasiswi IAIN Kediri, kuliah online dengan tripod kardus. (Foto: NOJ/A Muwaffaq)
Agustina Rahma, santriwati yang juga mahasiswi IAIN Kediri, kuliah online dengan tripod kardus. (Foto: NOJ/A Muwaffaq)

Kediri, NU Online Jatim

Kuliah online yang dilaksanakan semua kampus sejak pandemi Covid-19 memaksa mahasiswa menyiapkan perangkat prima agar maksimal mengikuti perkuliahan. Salah satu perangkat yang perlu disiapkan ialah tripod, tongkat penyangga telepon genggam agar seimbang.

 

Tentu saja tak semua mahasiswa mampu memiliki tripod. Ada yang pasrah, tapi ada juga mahasiswa yang justru terpantik membuat kreativitas dengan membuat tripod dengan bahan seadanya. Salah satu mahasiswa kreatif itu ialah Agustina Rahma, mahasiswi IAIN Kediri. Ia membuat tripod dengan bahan kardus.

 

Mahasiswi yang juga nyantri di Pesantren Al-Amin Ngasinan, Rejomulyo, Kota Kediri, itu mengatakan, ide membuat tripod dari kardus keluar dari benak saat merasakan miris terhadap banyaknya limbah kardus bekas dagangan dari pengunjung dan kantin pesantren yang hanya dibuang sia-sia.

 

"Karena melihat banyak kardus bekas jajan sambangan orangtua yang tidak terpakai, makanya saya sulap jadi tripod," ujarnya kepada NU Online Jatim, Ahad (19/09/2021).

 

Caranya, kardus dipotong hingga menyerupai bentuk segitiga. Di bagian atas dibikin seperti leher cekung. Di cekungan itulah telepon genggam diletakkan menyandar ke dinding kardus sehingga berfungsi seperti tripod.

 

"Sudah sejak semester dua, sekitar awal 2020, saya memakai tripod kardus ini. Lumayan mengurangi rasa pegel, capek, dan kurang nyaman," ucap mahasiswi semester lima itu.

 

Rupanya, Agustina mampu menyerap pepatah tak ada tripod kardus pun jadi. Eh, tak ada rotan akar pun jadi.

 

Editor: Nur Faishal


Editor:
F1 Bank Jatim