Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Tak Cuma Latihan Fisik, Ansor di Lamongan Ini Juga Belajar Desain

Tak Cuma Latihan Fisik, Ansor di Lamongan Ini Juga Belajar Desain
Pembukaan Madrasah Design Ansor di Universitas Islam Lamongan. (Foto: NOJ/ist)
Pembukaan Madrasah Design Ansor di Universitas Islam Lamongan. (Foto: NOJ/ist)

Lamongan, NU Online Jatim

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PAC GP Ansor), Paciran, Lamongan, menggelar Madrasah Design Ansor (MDA).

 

Kegiatan ini digelar di Universitas Islam Lamongan (Unisla) Pantura Kandangsemangkon Paciran dan berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu hingga Ahad (29-30/8/2020).

 

Ketua panitia, Hilmi menjelaskan bahwa sebagai  organisasi kepemudaan, kemasyarakatan, Ansor harus mampu mendorong percepatan mobilitas sosial, politik dan kebudayaan bagi anggotanya. Juga mampu menunjukkan kualitas peran maupun kualitas.

 

“Bertepatan dengan 10 Syuro kalau orang Jawa biasanya waktunya mengasah kesaktian, kini PAC Ansor Paciran mengasah kesaktian keterampilan dipadukan dengan olah pikiran dan seni untuk menghasilkan karya desain yang baik,” katanya.

 

Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Paciran, KH Masruri berharap Ansor sebagai benteng ulama tidak hanya mengawal di dunia nyata, mengingat syiar di dunia digital juga penting.

 

“Tidak hanya memback up secara fisik, tapi juga di dunia maya,” ujarnya.

 

KH Syahrul Munir selaku Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lamongan menjelaskan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah menjadi konsumsi setiap hari. Bahkan menjadi ketergantungan setiap orang, dan itu tidak bisa dipungkiri.

 

“Ketergantungan gadget, melebihi ketergantungan akan Tuhannya,” kata dia. Oleh karena itu, dirinya sangat senang ada badan otonom yang peduli dan ikut mengembangkan sumber daya manusia melalui pendidikan MDA, lanjutnya. .

 

Dirinya juga berharap ada kolaborasi dari berbagai banom dan lembaga, sehingga menjadi inspirasi untuk PC, PAC sampai Pengurus Ranting.

 

MDA diikuti 32 peserta delegasi Pimpinan Ranting dan dari PAC GP Ansor luar Paciran. Kegiatan merupakan yang pertama kali dilaksanakan di lingkungan NU Lamongan.

PWNU Jatim