• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Metropolis

Tangkal Hoaks, SMK Plus NU Sidoarjo Dibekali Ilmu Jurnalistik Dasar

Tangkal Hoaks, SMK Plus NU Sidoarjo Dibekali Ilmu Jurnalistik Dasar
Pembekalan ilmu jurnalistik dasar di SMK Plus NU Sidoarjo oleh Forum Wartawan Sidoarjo. (Foto: NU Online Jatim/M Kholidun)
Pembekalan ilmu jurnalistik dasar di SMK Plus NU Sidoarjo oleh Forum Wartawan Sidoarjo. (Foto: NU Online Jatim/M Kholidun)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Para pelajar hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman memadai terkait persebaran berita bohong. Pada saat yang sama juga bijak saat bermedia sosial. 
Sadar dengan kondisi tersebut, sejumlah wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Sidoarjo (Forwas) membekali para siswa SMK Plus NU Sidoarjo, dengan ilmu jurnalistik dasar. 

 

Ketua Umum Forwas, Eko Yudho mengatakan, sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi milenial agar santun dalam menggunakan media sosial, Forwas sengaja menggelar kegiatan ini di lingkungan pendidikan. Karena media sosial saat ini sangat mengkhawatirkan bagi siswa, dengan maraknya berita hoaks.

 

“Kegiatan jurnalisme sangat dibutuhkan untuk mengcounter berita bohong. Sehingga para siswa mampu membedakan berita hoaks atau bukan. Tak hanya itu mereka juga tidak gagap lagi terhadap ilmu jurnalistik sekaligus bijak bermedsos,” kata jurnalis SCTV/ Indosiar ini, Senin (16/12).

 

Menurutnya, program ini akan terus berlanjut di beberapa SMK/SMA di Sidoarjo, mengingat sebagai insan pers memiliki tanggung jawab terhadap perubahan akhlak generasi penerus bangsa. 

 

“Kita usahakan program ini akan istikamah, karena sebagai lembaga, kita mempunyai tanggung jawab terhadap moral dan moril generasi milenial,” ujarnya.

 

Para siswa mendapatkan materi seputar jurnalistik dasar televisi dan teknik pengambilan video jurnalistik, yang disampaikan oleh dua kontributor televisi swasta nasional, yakni Jack Roby dan Riko Hardiansyah.

 

Sementara pihak sekolah sangat mengapresiasi dan senang dengan adanya pelatihan jurnalistik ini. Pihaknya berharap, para siswa mampu memahami berita hoaks atau bukan, lebih bijak dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial.

 

“Kami sangat senang para siswa dibekali ilmu jurnalistik. Karena kami membutuhkan ilmu jurnalistik ini. Sehingga tidak ada yang menyimpang dari hukum dan melanggar undang-undang IT. Supaya anak-anak tidak seenaknya menulis yang kurang baik di media sosial,” kata Kepala SMK Plus NU Sidoarjo, Ummu Faizah.

 

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa kegiatan ini sangat positif karena mampu mencetak penulis yang andal, mengurangi siswa bermain gawai, mampu mengupload video atau berita yang positif tentang situasi dan kondisi yang ada di sekitarnya.

 

“Kami berharap akan ada pelatihan lanjutan yang dilakukan oleh Forwas di sekolah ini. Agar para siswa mampu terjun di bidang jurnalistik. Alhamdulillah bila nantinya ada siswa kami yang bisa menjadi jurnalis, kami sangat bangga sekali,” ungkapnya. 

 

 

Kontributor: Moh Kholidun
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Metropolis Terbaru