• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 April 2024

Metropolis

Terinspirasi Karya Legendaris Gutzon Borglum, Mural Penggerak NU Warnai Dinding INAIFAS

Terinspirasi Karya Legendaris Gutzon Borglum, Mural Penggerak NU Warnai Dinding INAIFAS
Mural wajah Penggerak Nahdlatul Ulama mewarnai dinding kampus INAIFAS, Jember.
Mural wajah Penggerak Nahdlatul Ulama mewarnai dinding kampus INAIFAS, Jember.

Jakarta, NU Online Jatim

Pernahkah Anda melihat Gunung Rushmore di Amerika Serikat yang masyhur lantaran terdapat ukiran raksasa empat kepala Presiden Amerika?  Ya, karya monumental dari pemahat berdarah Denmark-Amerika, Gutzon Borglum, itulah yang menginspirasi Rektor INAIFAS, Kencong, Jember, Rijal Mummaziq membuat mural wajah empat tokoh penggerak Nahdlatul Ulama di dinding utama kampus INAIFAS.

 

"Konsepnya memang terinspirasi dari ukiran empat wajah Presiden Amerika di Gunung Rushmore karya pematung Gutzon Borglum yang legendaris itu" kata Rizal Mummaziq, Ahad (30/8).

 

Rijal mengisahkan awal kerja kreatif itu berjalan cukup lama lantaran harus melewati diskusi penentuan konsep mural, termasuk gonta-ganti topik.

 

"Setelah melewati diskusi konsep mural berkali-kali, dan berganti topik, kami sepakat menggarap mural wajah penggerak NU," kata penulis buku Kiai Kantong Bolong ini.

 

Empat wajah tokoh penggerak NU yang dilukis dengan menggunakan teknik WPAP, dan dikerjakan dua seniman mural lokal, Khoirul Anwar, dan dibantu adiknya, Aji Kurniawan, itu adalah Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asy'ari, KH Bisri Syansuri, KH Abdul Wahab Hasbullah, dan wajah ceria KH Abdurrahman Wahid.

 

Rijal mengatakan tujuan perwajahan baru ini agar lembaga pendidikan yang dia pimpin terus bergerak maju, relevan dengan dinamika zaman yang sangat cepat dan berwarna tanpa meninggalkan identitasnya sebaga perguruan tinggi Islam yang berlandaskan Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyyah. 

 

"Saya berharap mahasiswa bisa sering diskusi lesehan sambil ngopi di bawah mural ini," pungkas pemilik nama lengkap Rijal Mummaziq Zionis ini.


Metropolis Terbaru