Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Terus Bergerak, NU Sidoarjo Peduli Salurkan Bantuan di Tiga Titik Lokasi Bencana

Terus Bergerak, NU Sidoarjo Peduli Salurkan Bantuan di Tiga Titik Lokasi Bencana
Tim NU Sidoarjo Peduli Bencana saat menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak bencana banjir di Desa Kedung Banteng, Kecamatan Tanggulangin, Rabu (24/02/2021). (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Tim NU Sidoarjo Peduli Bencana saat menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak bencana banjir di Desa Kedung Banteng, Kecamatan Tanggulangin, Rabu (24/02/2021). (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Mengatasi dampak bencana alam diperlukan saling kerja sama dan kontribusi berbagai pihak. Semuanya bergerak dengan peran masing-masing, membantu korban bencana dengan sepenuh hati.

 

Dengan bersinergi, semakin banyak korban terdampak bencana yang akan terbantu, semakin luas pula kemaslahatan bisa ditebar. Seperti halnya yang dilakukan oleh tim Nahdlatul Ulama (NU) Sidoarjo Peduli Bencana, yang untuk kesekian kalinya menyalurkan bantuan kepada korban bencana dari hasil penggalangan donasi di Posko NU Sidoarjo Peduli Bencana kepada korban terdampak bencana.

 

Kali ini tim NU Sidoarjo Peduli Bencana menyalurkan bantuan di tiga titik bencana. Diantaranya pembagian ratusan paket sembako bagi korban bencana banjir di Desa Kedung Banteng dan Desa Banjar Asri, Kecamatan Tanggulangin. Berikutnya penyerahan bantuan sejumlah uang tunai untuk TPQ An Nafar, Desa Balongdowo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (24/02/2021).

 

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa pengurus NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), Pimpinan Cabang (PC) Jam'iyyatul Qurra' wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU), Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

 

Tampak hadir pula beberapa pengurus Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU, Pimpinan Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida).

 

“Hari ini kami bersama tim NU Sidoarjo Peduli bencana telah datang langsung ke lokasi bencana untuk menyalurkan bantuan berupa 300 paket sembako bagi warga terdampak bencana banjir di Desa Kedung Banteng dan Banjar Asri. Selain itu kami juga telah menyalurkan bantuan berupa uang tunai senilai lima juta untuk biaya renovasi TPQ An Nafar yang diterjang angin kecang beberapa waktu lalu,” kata Sekretaris NU Care-LAZISNU Sidoarjo, Chasib Hizbullah kepada NU Online Jatim.

 

Lebih lanjut, Chasib menegaskan, NU Care-LAZISNU Sidoarjo sebagai koordinator tim NU Sidoarjo Peduli Bencana akan terus bersinergi dengan Lembaga dan Badan otonom NU terkait lainnya dalam penggalangan donasi melalui Pos NU Sidoarjo Peduli Bencana dan Kemaslahatan Umat.

 

“Total donasi yang kami salurkan hari ini sekitar Rp 20 juta. Sebelumnya kami juga telah menyalurkan bantuan bencana ke Pasuruan dan Jombang. Adapun donasi yang terkumpul hingga saat ini sudah mencapai Rp 147 juta. Dana tersebut akan kita gunakan untuk santunan korban bencana di tempat lainnya. Terima kasih para donatur dan semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi saudara kita korban bencana,” tegasnya.

 

Sementara itu, Sumiati, salah satu warga Desa Kedung Banteng korban terdampak banjir mengucapkan terimakasih kepada NU Sidoarjo Peduli atas bantuan yang diberikan kepadanya.

 

“Terimakasih banyak kepada NU atas bantuannya, ini sangat membantu keluarga kami untuk makan sehari-hari,” ujar ibu dari dua orang anak tersebut.

 

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim