Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Terus Berinovasi, Bisnis Pesantren Amanatul Ummah Capai Omzet Miliaran Rupiah

Terus Berinovasi, Bisnis Pesantren Amanatul Ummah Capai Omzet Miliaran Rupiah
Produk Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto. (Foto: NOJ/opopjatim)
Produk Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto. (Foto: NOJ/opopjatim)

Mojokerto, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto saat ini semakin bermetamorfosis tidak hanya sebagai lembaga Pendidikan dakwah namun juga sebagai pusat wirausaha. Di bawah asuhan KH Asep Saifuddin Chalim, pesantren yang merupakan bagian dari One Pesantren One Product (OPOP) Jatim ini sudah melakukan pemberdayaan pesantren.

 

Diantaranya, pesantren ini memiliki beberapa unit usaha unggulan untuk menumbuhkan perekonomiannya, seperti usaha air mineral afia, Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) mitra PT Pertamina Persero, dan yang terbaru adalah produksi keripik tahu tempe yang sudah dikemas menarik.

 

Afif Zamroni, pengelola usaha pesantren mengatakan bahwa pesantrennya terus melakukan inovasi dengan beragam usaha yang dimiliki. Salah satunya dengan mengembangkan usaha di bidang kuliner.

 

“Kami memiliki beberapa produk mandiri, diantaranya koperasi mandiri, sebagai penampung hasil dari penjualan produk, yang menariknya ada produksi tahu tempe, keripik yang berbahan dasar kedelai pilihan,” katanya, Senin (24/05/2021).

 

Dirinya mengungkapkan bahwa proses pemasaran produk olahan dari kedelai tersebut masih di sekitar pesantren.

 

“Sementara ini pemasaran produk dari olahan kedelai masih di lingkup santri Amanatul Ummah, dan area Mojokerto-Surabaya,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Sekretaris OPOP Jatim Muhammad Ghofirin mengapresiasi usaha yang dilakukan Pondok Pesantren Amanatul Ummah ini.

 

“Subhanallah Pesantren Amanatul Ummah ini selain pesantrennya besar, santrinya ribuan, usahanya juga berjalan baik. Diantaranya ada air mineral dalam kemasan, keripik tempe dan tahu, ada juga sorbum, serta berbagai macam bisnis lainnya. Omzet yang didapat pesantren dari sektor makanan dan minuman itu bersih saja menghasilkan 2 miliar per bulan. Jadi itu merupakan gambaran real, itu menandakan di pesantren sudah berjalan ekonominya,” terangnya.

Bank Jatim (31/7)