• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Madura

Tiga Ranting Ansor di Sumenep Kompak Dirikan Kantor Bersama

Tiga Ranting Ansor di Sumenep Kompak Dirikan Kantor Bersama
Proses pembangunan kantor bersama Pimpinan Ranting Ansor PAC Ambunten Kabupaten Sumenep, Sabtu (02/01/2020). (Foto: NOJ/ Habib).
Proses pembangunan kantor bersama Pimpinan Ranting Ansor PAC Ambunten Kabupaten Sumenep, Sabtu (02/01/2020). (Foto: NOJ/ Habib).

Sumenep, NU Online Jatim

Dalam rangka menyemarakkan nilai-nilai ke-NU-an dan kemandirian kader, beberapa Pimpinan Ranting (PR) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Kabupaten Sumenep memiliki kantor permanen. Setelah PAC GP Ansor Ganding dan Gapura, kini sejumlah Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor di Kecamatan Ambunten berinisiatif membangun kantor atau sekretariat bersama.

 

Pembangunan sekretariat bersama yang dimulai pada Sabtu (02/01/2021) siang ini, diperuntukkan tiga Pimpinan Ranting, yakni PR Ansor Desa Keles, PR Ansor Desa Beluk Kenek, dan PR Ansor Desa Beluk Raja. Bangunan seluas sepuluh meter persegi ini dibangun di atas lahan milik Alimuddin, Wakil Sekretaris PAC GP Ansor Kecamatan Ambunten. Sementara bahan bangunan dan proses pengerjaannya berasal dari swadaya para kader dan warga.

 

Koordinator pelaksana, Sucipto Wahono menuturkan, bangunan dengan luas empat kali enam meter ini nantinya akan digunakan sebagai pusat aktivitas keorganisasian dari tiga pimpinan ranting tersebut. Tiga ranting ini diakui Sucipto lebih aktif dibanding ranting yang lain dan berada di wilayah cukup jauh dari pusat Kecamatan Ambunten.

 

"Semua kader dari tiga ranting ini kita libatkan untuk bekerja dalam proses pembangunan gedung dan Alhamdulillah juga dibantu oleh warga," ungkap Sucipto.

 

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Ambunten, Kiai Abdul Latif Muhammad, mengapresiasi gerakan dari tiga pimpinan ranting yang memiliki inisiatif untuk membangun gedung sekretariat bersama.

 

"Pembangunan sekretariat bersama ini dapat menjadi pecut bagi semua kader untuk lebih aktif ber-Ansor dan berkhidmah pada Nahdlatul Ulama. Kedepannya kita akan lebih memasifkan kegiatan-kegiatan berbasis ranting," ungkap Ra Abdu, panggilan akrab Kiai Abdul Latif Muhammad.

 

Secara terpisah, Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sumenep, Kiai Qumri Rahman mengatakan, pihaknya tidak hanya mengapresiasi langkah seperti yang dilakukan ranting di Ambunten. Lebih dari itu akan mendorong segenap kader agar nyaman berkegiatan di Ansor.

 

“Kami sangat bangga beberapa ranting sudah melakukan terobosan signifikan dalam ber-Ansor. Kini sudah bertambah Pimpinan Ranting yang memiliki sekretariat bersama. Tempo hari kami juga meresmikan sekretariat bersama PAC GP Ansor Kecamatan Ganding. Ada pula kantor Pimpinan Ranting Desa Cangkreng Kecamatan Lenteng yang sekaligus menjalankan usaha BUM-Ansor. Kami berharap pimpinan ranting dan anak cabang Gerakan Pemuda Ansor di Kabupaten Sumenep tidak hanya membangun sekretariat bersama, tetapi di semua tingkatkan juga melakukan pemberdayaan terhadap kader dalam rangka mewujudkan kemandirian bersama,” ungkap Qumri.

 

 

Alumni Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo ini menyitir sebuah hadits yang diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, Aljamaah Barokaattun. Kiai Qumri berkeyakinan bahwa para kader yang giat ber-Ansor dan menegakkan nilai-nilai ke-NU-an hidupnya akan memperoleh barokah. Sebagai pimpinan, Kiai Qumri bersama pengurus cabang rutin turun menggerakkan ranting dan anak cabang. Pihaknya juga mendorong kemandirian kader di semua tingkatkan dan memantik mereka untuk berkontribusi nyata di lingkungan sosial sekitar.

 

"Semoga apa yang telah dilakukan oleh sahabat-sahabat Ansor ini mendapat balasan yang setimpal, serta dapat diakui sebagai santrinya KH M Hasyim Asy'ari," pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Madura Terbaru