Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Tingkatkan Keterampilan Kader, Ansor Sekaran Lamongan Gelar Bulan Banser

Tingkatkan Keterampilan Kader, Ansor Sekaran Lamongan Gelar Bulan Banser
Kegiatan pelatihan Banser Sekaran, Lamongan. (Foto: NOJ/Titik)
Kegiatan pelatihan Banser Sekaran, Lamongan. (Foto: NOJ/Titik)

Lamongan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan menjadikan Februari menjadi bulan Banser dengan menyelenggarakan latihan bersama satuan khusus.

 

Kegiatan ini dilakukan setiap akhir pekan pada bulan Februari. Dalam kegiatan ini ada beberapa pelatihan Banser dalam berbagai bidang kemanusiaan diantaranya, bidang Banser Tanggap Bencana (Bagana), bidang Banser Bhakti Husada (Basada), bidang Banser Lalu Lintas (Balantas), dan Banser Pemadam Kebakaran (Balakar).

 

Kegiatan pelatihan yang pertama dilaksanakan pada Ahad (07/02/2021) yang bertempat di Wisata Edukasi Embung Desa Sekaran (Wiekes). Sejumlah 50 kader Banser Kecamatan Sekaran turut serta dalam kegiatan ini.

 

Mauludvian Arista Ardianysah, Ketua PAC Ansor Sekaran menyampaikan bahwa antusias para kader Banser sangat tinggi.

 

"Karena kegiatan ini belum ditemukan di sekitar. Kalau pun ada pelatihan bersama selalu digabung jadi satu, atau satu bidang saja dan biasanya hanya sehari penuh. Hal itu dinilai menyebabkan kurang efektifnya hasil akhir dari sebuah pelatihan kepada para Banser," katanya.

 

Dirinya mengungkapkan, bahwa kegiatan ini didukung oleh instansi yang berpengalaman.

 

"Di dalam pelatihan ini, kami juga menggandeng instansi-instansi yang berpengalaman dalam bidangnya masing-masing,” ujarnya.

 

Ia berharap, dengan pelatihan ini, kader Banser dapat memiliki kemampuan khusus. Sehingga paradigma masyarakat terhadap Banser tidak hanya dalam hal pengamanan saja, tetapi ikut andil dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat.

 

“Saya berharap pelatihan ini diadakan setiap tahunnya di Lamongan. Dan bisa menjadi acuan untuk seluruh kader Banser di nusantara. Banser selama ini belum dilibatkan secara penuh untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan, kami ingin banser lebih dan punya kemampuan khusus," pungkasnya.

 

 

Editor: Risma Savhira

 

Iklan promosi NU Online Jatim