Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Tingkatkan Militansi Kader, IPNU IPPNU di Kediri Gelar Pengkaderan Non Formal

Tingkatkan Militansi Kader, IPNU IPPNU di Kediri Gelar Pengkaderan Non Formal
Laksus PAC IPNU IPPNU Gurah, Kabupaten Kediri. (Foto: NOJ/Ro'uf)
Laksus PAC IPNU IPPNU Gurah, Kabupaten Kediri. (Foto: NOJ/Ro'uf)

Kediri, NU Online Jatim

Ahad (07/02/2021) lalu, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri mengadakan kegiatan kaderisasi non formal yaitu Latihan Kader Khusus (Laksus). Kegiatan LAKSUS ini merupakan kaderisasi yang hanya dimiliki oleh PAC Gurah yang mana luarannya agar menjadikan kader-kader baru lebih semangat dan istikamah dalam belajar, berjuang, dan bertaqwa di IPNU IPPNU.

 

Kegiatan yang bertempat di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Gurah ini diikuti oleh alumni Latihan Kader Muda (Lakmud) Gurah tahun 2020, Ketua Pimpinan Ranting dan Pimpinan Komisariat IPNU IPPNU se-Kecamatan Gurah, serta beberapa Pengurus PAC.


Secara organisasi, IPNU IPPNU merupakan organisasi yang bersifat pengkaderan. Sehingga dalam masa ke masa, proses kaderisasi harus dilakukan dan tidak dapat ditinggalkan begitu saja. Selama ini, PAC IPNU IPPNU Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri telah melaksanakan proses kaderisasi tersebut dengan mengadakan pelatihan-pelatihan formal maupun non formal untuk mencari dan mendidik kader-kader baru. 


Mengadakan Lakmud adalah tanggung jawab yang besar bagi IPNU IPPNU Gurah.Karena proses pendampingan harus bisa tertata dengan baik dan para kader baru bisa mengoptimalkan potensinya di IPNU IPPNU. Beberapa tindak lanjut sebagai syarat kelulusan para alumni Lakmud juga harus dilaksanakan seperti yang dilaksanakan kali ini yaitu Laksus. Namun pada kesempatan Laksus kali ini dirasa berbeda dari pada periode sebelumnya.

 

"Memang di periode sebelumnya, alumni Lakmud tidak langsung mengikuti Laksus karena harus menyelesaikan beberapa tinjak lanjut. Sehingga pada periode kami ini dirasa spesial dari pada periode sebelumnya karena kami menginginkan kader baru bisa istikamah dalam berjuang di organisasi," kata Abi Yazid Ngasimul Istadzi, Ketua PAC IPNU Gurah.

 

Asim sapaan akrabnya, juga menuturkan bahwa dari periode-periode sebelumnya, PAC IPNU IPPNU Gurah sudah berkomitmen dalam kaderisasi ini.

 

"Dalam satu periode, kegiatan Lakmud selalu diadakan dengan peserta dari seluruh ranting dan komisariat se-Kecamatan Gurah," terangnya.

 

Apresiasi terhadap kegiatan Laksus ini, juga disampaikan oleh Fatkur Rochim, selaku salah satu pemateri Laksus. Dia berharap bahwa IPNU IPPNU saat ini agar militan dalam organisasi.

 

"Diharapkan semua kader baru dari alumni Lakmud dan alumni Laksus memiliki militansi yang tinggi terhadap organisasi sehingga ke depan IPNU IPPNU di Kecamatan Gurah memiliki kredibilitas yang baik," ujar Rochim.

 

Penulis: Muhamad Ro'uf Firnanda

Editor: Risma Savhira

PWNU Jatim