Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Tingkatkan SDM Kader, Pergunu Jatim Beri Beasiswa Kuliah

Tingkatkan SDM Kader, Pergunu Jatim Beri Beasiswa Kuliah
Pembekalan calon mahasiswa beasiswa PW Pergunu Jatim. (Foto: NOJ/Moch Rofi'i Boenawi)
Pembekalan calon mahasiswa beasiswa PW Pergunu Jatim. (Foto: NOJ/Moch Rofi'i Boenawi)

Mojokerto, NU Online Jatim

Demi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar menjadi generasi unggul, Pimpinan Wilayah (PW) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Timur memberikan beasiswa kuliah hingga pascasarjana. Beasiswa diberikan kepada pelajar, guru, ustadz dan ustadzah yang mempunyai keinginan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Beasiswa ini merupakan hasil kerja sama dengan kampus Institute Pesantren KH Abdul Chalim (Ikhac) Pacet, Mojokerto. Yakni dengan memberikan beasiswa kepada 250 calon mahasiswa pascasarjana (S2). Penerima beasiswa berasal dan utusan dari masing-masing Pimpinan Cabang (PC) Pergunu se-Jawa Timur yang telah memenuhi syarat serta seleksi ketat.

 

Ketua PW Pergunu Jatim, H Sururi mengatakan pemberian beasiswa merupakan bagian dari program 5.000 beasiswa dari Pimpinan Pusat (PP) Pergunu.

 

“Program pemberian 5.000 beasiswa sarjana (S1) dan pasca sarjana (S2) untuk pelajar, guru, ustadz dan ustadzah dari KH Asep Saifuddin Chalim Ketua Umum PP Pergunu,” kata Sururi saat ditemui setelah acara pembelakan calon mahasiswa, Kamis (23/09/2021).

 

H Sururi menambahkan, bahwa Ketua Umum Pergunu Pusat KH Asep Saifuddin Chalim telah memberikan beasiswa bagi Pergunu sejak tahun 2015 lalu. Hal ini dalam rangka untuk meningkatkan SDM yang ada di Pergunu.

 

“Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan SDM kader yang berkualitas serta dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Juga, kemanfaatan dan kewajiban untuk meningkatkan kualitas guru-guru Nahdlatul Ulama,” terang Mantan Ketua PC Pergunu Gresik itu.

 

Ia juga menjelaskan, pemberian pembekalan ini untuk menerima pengetahuan  pada saat proses perkuliahan nanti. Serta, agar saling memahami dan saling kenal, hingga akhirnya membawa pada keberkahan. Pihaknya pun berterima kasih kepada Kiai Asep atas inisiatifnya dalam program ini.

 

"Kami sangat berterima kasih kepada Kiai Asep yang terus menyumbangkan darma baktinya kepada masyarakat luas, bangsa dan negara. Yang salah satunya dengan memberikan program beasiswa S1 dan S2 kepada 5.000 calon mahasiswa se-Indonesia," ungkapnya.

 

Sedangkan Wakil Rektor Ikhac, Affan Hasan berharap kepada seluruh calon mahasiswa agar disiplin dalam mengikuti proses perkuliahan, serta tertib mengikuti tahapan demi tahapan sesuai waktunya.

 

"Tolong, kepada para calon mahasiswa ini agar semangat dan disiplin dalam mengikuti mekanisme tahapan perkuliahan, serta dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan kampus pascasarjana," katanya.

 

 

Kegiatan silaturahim dan pembekalan calon mahasiswa pascasarjana beasiswa Ikhac Pacet, Mojokerto ini juga dihadiri oleh Wakil Direktur Pascasarjana Ikhac Mojokerto, Dr Hasyim.


Editor:
F1 Bank Jatim