• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Kediri Raya

Tips Sahur Anticovid-19 ala Bilqis Ketua IPPNU Tulungagung

Tips Sahur Anticovid-19 ala Bilqis Ketua IPPNU Tulungagung
Ketua PC IPPNU Kabupaten Tulungagung terpilih, Bilqis Ubaida. (Foto: NOJ/PH)
Ketua PC IPPNU Kabupaten Tulungagung terpilih, Bilqis Ubaida. (Foto: NOJ/PH)

Tulungagung, NU Online Jatim

Sahur merupakan salah satu sunnah dalam berpuasa. Sebuah hadits menyebutkan bahwa dalam sahur terdapat keberkahan. Selain sebagai sunnah, sahur memiliki banyak manfaat. Maka dari itu, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Tulungagung terpilih, Bilqis Ubaida, mengingatkan kepada seluruh kader pelajar NU agar tidak mengabaikan sahur saat puasa Ramadlan.

 

"Pelajar, kan, sangat aktif berkegiatan sehari-hari. Tidak hanya belajar, tapi juga berorganisasi dan kegiatan lain. Maka, sebaiknya melaksanakan sahur tepat waktu saat puasa Ramadlan nanti," kata Bilqis kepada NU Online Jatim, Ahad (11/04/2021).

 

Ia mengatakan, sahur memiliki banyak manfaat. Selain sebagai sumber energi, sahur juga mampu untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah dehidrasi pada tubuh. Bahkan, dengan makan dan minum yang bergizi saat sahur, imun yang dibutuhkan tubuh khususnya saat pandemi Covid-19 bisa meningkat.

 

"Sebelum tidur, harus berniat untuk sahur. Manfaatkan alarm pada handphone sebagai ikhtiar untuk bangun saat sahur. Atau meminta tolong kepada keluarga untuk membangunkan saat jam sahur," kata mahasiswa yang aktif mengikuti di teater itu.

 

Bilqis juga mengungkapkan, jika sudah niat, pasti saat waktu sahur tiba akan ada dorongan untuk melaksanakan salah satu sunnah tersebut. Saking pentingnya sahur untuk pelajar, Bilqis siap mengingatkan kader pelajar NU saat tiba waktu sahur melalui pesan di grup WhatasApp.

 

"Jadi, tidak ada alasan pelajar NU untuk tidak sahur hanya karena tidak ada pacar yang mengingatkan," tandas Bilqis.

 

Editor: Nur Faishal


Kediri Raya Terbaru