Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Tokoh NU di Madiun Tumbuhkan Semangat Nasionalisme pada Generasi Muda

Tokoh NU di Madiun Tumbuhkan Semangat Nasionalisme pada Generasi Muda
Pelantikan PAC IPNU IPPNU Gemarang, Madiun. (Foto: NOJ/Mirna)
Pelantikan PAC IPNU IPPNU Gemarang, Madiun. (Foto: NOJ/Mirna)

Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun Darul Muchtar menyampaikan bahwa Ikatan Pelajar Nahdlatul  Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) bukanlah tujuan akhir dari perjuangan, tetapi merupakan awal perjuangan.

 

"Jadi jangan dikira bahwa IPNU dan IPPNU ini sebuah tujuan akhir. Bukan. Ini baru awal," katanya.

 

Hal itu disampaikan saat menghadiri pelantikan Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU dan IPPNU Kecamatan Gemarang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Madrasah Diniyah Asy Syarifiyah Desa Sebayi Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun pada Ahad, (04/04/2021).

 

Selain pengurus PAC IPNU dan IPPNU setempat, dalam acara tersebut juga dihadiri oleh MWCNU, Syuriah, Danramil, Kapolsek, Fatayat NU, Muslimat NU serta Pimpinan Cabang (PC) IPNU dan IPPNU Kabupaten Madiun.

 

Dalam acara tersebut dinyanyikan mars Syubbanul Wathon yang di dalamnya terdapat lirik Hubbul Wathon Minal Iman. Bahwa cinta tanah air merupakan sebagian dari tanda-tanda keimanan seseorang.

 

Darul sapaan akrabnya menyampaikan bahwa di dalam NU memperjuangkan negara itu adalah hal yang utama. Karena keamanan negara ini akan menjadi salah satu syarat agar bisa memperjuangkan agama.

 

"Kalau negara ini tidak aman, jangan harap kita bisa memperjuangkan agama. Oleh karena itu para muasis NU kita, dulu ketika melahirkan negara Indonesia, tidak ingin Indonesia dilahirkan menjadi negara Islam. Akan tetapi dilahirkan menjadi negara yang damai yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," jelasnya.

 

IPNU dan IPPNU merupakan organisasi kepemudaan untuk menempa diri dan memahamkan anggota agar memiliki jiwa nasionalis saperti yang dimiliki oleh para muasis NU dan para masyayih. Seperti KH Wahab Hasbullah dan KH Hasyim Asy'ari selain sebagai kyai mereka juga merupakan penggagas kemerdekaan.

 

Darul berharap IPNU dan IPPNU yang merupakan pemuda milenialnya NU ini akan menjadi pelopor dan garda depan untuk memberikan teladan  dalam berjuang untuk mempertahankan tanah air.

 

"Jiwa nasionalis dari para masyayikh, mari kita contoh dan kita teladani untuk dapat kita aplikasikan dalam perjuangan kita di wadah IPNU dan IPPNU", tuturnya.

 

Editor: Risma Savhira


Editor:
F1 Promosi