Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Tunjukkan Kiprah, Alumni PKPNU IAIN Jember Bagikan Daging Kurban

Tunjukkan Kiprah, Alumni PKPNU IAIN Jember Bagikan Daging Kurban
Alumni PKPNU jalur dosen IAIN Jember di Kampung Zakat. (Foto: NOJ/M Irwan Z)
Alumni PKPNU jalur dosen IAIN Jember di Kampung Zakat. (Foto: NOJ/M Irwan Z)

Jember, NU Online Jatim 
Alumni Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) segmen dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, terus bergerak. Kali ini yang dilakukan adalah dengan membagikan daging kurban di Kampung Zakat yang berada di Sumberjambe, Ahad (2/8). 

 

Pada kesempatan itu, hadir sejumlah tokoh penting, di antaranya Rektor IAIN Jember, H Babun Suharto beserta istri, Kepala Kemenag, Jember KH Muhammad dan istri, Dekan Fakultas Syariah Kiai M Noor Harisudin. Juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Khamdan Rifai, Direktur Utama Kampung Zakat Jember, KH Muslim dan rombongan baik dari IAIN Jember maupun Penyuluh Agama Islam Kemenag Jember. 

 

Direktur Eksekutif Kampung Zakat Jember, Ustadz Amir dan timnya menyambut dengan hangat para tamu penting ini dengan baik.       

 

Di kampung zakat binaan Kemenag Jember ini sudah terdapat seekor sapi dan tujuh ekor kambing. Semua merupakan hasil iuran anggota PKPNU yang mencapai Rp20.750.000,- dan dibelikan dua ekor kambing dan seekor sapi. Sementara, lima ekor lainnya adalah dari kemenag Jember dan para donatur yang terinspirasi dari iuran alumni PKPNU segmen dosen.

 

”Benar, dari hasil pengumpulan uang anggota PKPKNU tersebut kita bisa membeli sapi dan dua ekor kambing, kemudian juga mengajak orang lain untuk berderma. Sementara, lima ekor lainnya dari luar PKPNU IAIN,”, kata Khamdan Rifai yang didapuk sebagai ketua panitia. 

 

Kiai M Noor Harisudin menyampaikan fungsi perguruan tinggi dalam berkhidmah kepada masyarakat. Bahwa sejak 2019, PKPNU segmen dosen IAIN Jember telah dikukuhkan di Pesantren Nurul Qarnain Sukowono. Dan ada 150 peserta yang lulus dan para alumni ini aktif dalam berbagai kegiatan sosial. 

 

“Hari ini, kegiatan alumni dilakukan di kampung zakat Sumberjambe dalam bentuk penyembelihan dan distribusi daging sedekah,” kata guru besar termuda ini. 

 

Satu bulan sebelumnya, anggota PKPNU menggelar iuran dan hasilnya seperti dapat lihat sekarang. Hal tersebut sebagai bagian dari khidmah kepada masyarakat. 

 

Sementara, H Babun Suharto menyampaikan bahwa kampus tidak boleh menjadi menara gading. Kiprahnya tidak semata dirasakan warga universitas, juga masyarakat.

 

“Kampus berusaha menyapa masyarakat. Setiap dua minggu sekali, IAIN Jember bersama Kemenag Jember dan Baznas turun menyapa masyarakat dengan berbagai kegiatan filantropi di berbagai daerah,” katanya. 


Kepala Kemenag Jember, KH Muhammad menyampaikan pentingnya keteladanan Nabi Ibrahim dalam melakukan ketaatan pada Allah. Termasuk dalam berkurban yang diketahui disuruh menyembelih Nabi Ismail, tapi akhirnya diganti dengan kambing. 

 

“Keluarga Nabi Ibrahim patut kita teladani dalam berbagai hal kehidupan,” ujarnya. 

 

Acara yang dipimpin Direktur Utama Kampung Zakat Jember, KH Muslim ini dilanjutkan dengan penyembelihan sapi dan tujuh domba yang disaksikan para alumni PKPNU segmen dosen IAIN Jember, Penyuluh Agama Islam Kemenag Jember dan masyarakat sekitar. 

Kontributor:  M Irwan Zamroni Ali

Iklan promosi NU Online Jatim