Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Ubah Mindset Siswa, ISNU Sidoarjo Bekali Guru dengan Pelatihan Numerasi

Ubah Mindset Siswa, ISNU Sidoarjo Bekali Guru dengan Pelatihan Numerasi
Pelatihan numerasi ISNU Sidoarjo. (Foto: NOJ/sy).
Pelatihan numerasi ISNU Sidoarjo. (Foto: NOJ/sy).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Di tengah pandemi Covid-19, semua elemen masyarakat dituntut berkreasi. Salah satunya yang dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sidoarjo yang menggelar pelatihan numerasi virtual sejak Senin (23/11/2020).

 

Kegiatan ini diikuti 40 peserta atau sedikitnya 15-20 madrasah sekolah di Sidoarjo. Rasa antusiasme peserta nampak di aplikasi zoom. Dengan narasumber yang terdiri dari Tim Fasda Sidoarjo dari Program INOVASI.


Kegiatan ini berawal dari keprihatinan pendidik terhadap sikap siswa yang menganggap pelajaran matematika sebagai musuh besarnya. Hal itu mengakibatkan mereka kurang bersemangat dalam belajar. Maka, pembelajaran matematika khususnya di kelas awal harus dikemas semenarik mungkin.

 

Menurut Ketua PC ISNU Sidoarjo, Sholehuddin kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan para guru di lingkungan Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif NU) Sidoarjo dalam menciptakan pembelajaran Matematika yang menyenangkan dan efektif.

 

"Peserta akan diajak mengolah dan menganalisis konsep matematika dengan berbagai sudut pandang melalui media sederhana. Output kegiatan selain alumni pelatihan, mereka juga diharapkan menghasilkan karya yang dapat dipamerkan," katanya.

 

Sementara itu, Ketua LP Ma'arif NU Sidoarjo Misbahuddin sangat mengapresiasi kegiatan ini.

 

"Terima kasih kepada PC ISNU Sidoarjo yang telah menginisiasi kegiatan ini. Juga kepada Tim Fasilitator yang mau berbagi ilmu dan pengalaman kepada guru-guru Ma'arif," tutur Aba Misbah, sapaan akrab H. Misbahuddin.

 

Menurut Direktur Pendidikan YPI Nurul Huda Kalanganyar itu, akan digelar pameran karya peserta setelah semua sesi pelatihan selesai.

 

"Nanti ada empat sesi pelatihan yang dimulai pada hari ini, kemudian pada 27/11/2020, 30/11/2020, dan 02/11/2020. Di akhir sesi akan ada pameran dari karya peserta," pungkasnya.

 

 

Editor: Risma Savhira

PWNU Jatim Harlah