Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ujung Ramadlan, Kader Ansor Simokerto Surabaya Ziarah Pendiri NU

Ujung Ramadlan, Kader Ansor Simokerto Surabaya Ziarah Pendiri NU
Kader Ansor Simokerto berziarah ke makam pencetus nama NU, Kiai Mas Alwi, di Surabaya. (Foto: NOJ/HM)
Kader Ansor Simokerto berziarah ke makam pencetus nama NU, Kiai Mas Alwi, di Surabaya. (Foto: NOJ/HM)

Surabaya, NU Online Jatim

Banyak cara untuk mendapatkan keberkahan pada bulan suci Ramadlan. Untuk tujuan itu, pengurus dan kader Pimipinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya, berusaha merengkuhnya di antaranya dengan bertawassul dengan berziarah ke makam salah satu pendiri Nahdlatul Ulama, KH Mas Alwi bin Abdul Aziz.

 

Mengutip dari NU Online, KH Mas Alwi bin Abdul Aziz tokoh pencetus nama Nahdlatul Ulama (NU) saat proses awal pendirian organisasi tersebut. Ia putra kiai besar bernama Abdul Aziz al-Zamadghon. Bersepupu dengan KH Mas Mansyur dan termasuk keluarga besar Sunan Ampel, yang juga pendiri sekolah Nahdlatul Waton dan pernah belajar di pesantren Syaikhona Kholil Bangkalan, Madura. Dari pulau garam, ia melanjutkan sekolah di Pesantren Siwalan Panji, Sidoarjo, lalu memungkasi rihlah 'ilmiyah-nya di Makkah al-Mukarromah.

 

“Dalam mencari keberkahan bulan suci Ramadlan, salah satu rentetan kegiatan kita yaitu menggelar doa bersama di makam salah satu pendiri Nahdhatul Ulama, KH Mas Alwi bin Abdul Aziz,” kata Ketua PAC GP Ansor Simokerto Ahmad Romli kepada NU Online Jatim, Jumat (07/05/2021).

 

Ia menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan bersama dengan badan otonom NU setempat, seperti Fatayat NU, Pagar Nusa, Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU).

 

“Alhamdulillah, rangkaian acara di bulan Ramadlan terlaksana bersama pengurus banom lainnya, di antaranya santunan anak yatim, berbagi takjil, pembagian paket sembako untuk warga sekitar, dan lain sebagainya,” ujar Romli.

 

Ia berharap kegiatan tersebut menjadi rutinan tahunan dengan berharap berkah Ramadlan senantiasa menyertai para kader beserta keluarganya.

 

“Agar hadirnya Ansor dan banom yang lain benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh elemen masyarakat,” kata Romli.

 

Editor: Nur Faishal


F1 Promosi Iklan